Cara Lain Membaca Luka

seringkali, peristiwa demi peristiwa tak jua mampu mengantarkan kita menjadi peka. berbagai konflik yang melanda belahan bumi indonesia, dan dunia tak jarang hanya menjadi sebuah berita yang kita santap kemudian lupa. Helvy Tiana Rosa menyuguhkan kisah yang berbeda. Dalam bukunya berjudul "Bukavu", Helvy mengetuk rasa kemanusiaan kita untuk kembali tersadar bahwa luka itu juga luka kita.

saya membaca luka yang ada di Aceh, Sampit,timor-timor, Bosnia, hingga Palestina dengan mata berkaca. Helvy mengungkap fakta lewat cerita-ceritanya dengan langsung melibatkan sang pelaku peristiwa sebagai tokoh utama. bahasanya menyentak. terkadang amarah, luka, cinta, dan airmata bisa dirangkum dalam sebuah kalimat yang menggugah.

Cerpen berjudul, "Sebab Aku cinta, Sebab Aku Angin" adalah salah satu cerpen yang saya suka. berkisah tentang perjuangan seorang wanita dalam melawan kebiadaban 'monster-monster' yang menggoreskan luka di kota kelahirannya.Namanya cinta, yang begitu gigih dan berani mengangkat tombaknya sendiri demi membebaskan derita saudaranya.

Bukavu, adalah rangkuman luka yang beberapa diantaranya hingga kini belum sirna. Helvy mengungkapnya secara bijaksana. apa adanya. semoga rangkuman luka yang ada dalam Bukavu membuat nurani kita terjaga. paling tidak untuk menyematkan doa bagi orang-orang yang teraniaya di beberapa titik yang mungkin belum pernag kita singgahi.

rafif-14 Nov 2008


loading...

Silakan masukkan alamat email untuk menerima postingan dari blog ini secara rutin.

0 Response to "Cara Lain Membaca Luka"