10 Hal Penting dan Cara Untuk Menjadi Penulis

Tidak semua orang ingin menjadi penulis, tapi banyak dari mereka yang ingin bisa menulis dan menerbitkan karyanya. Memang, menjadi penulis atau menerbitkan buku tulisan sendiri merupakan suatu kebanggaan. Bahkan di Jepang, profesi seorang penulis sejajar dengan dokter dan insinyur. Mereka disegani dan dihormati.

sumber gambar: jualbeliartikel.com
Sebagian mungkin bertanya-tanya, bagaimana sih cara menjadi penulis itu? sebelum menjawab pertanyaan itu, terlebih dahulu harus kita definisikan penulis seperti apa yang dimaksud. Ada beberapa tingkatan seseorang disebut sebagai "penulis": pertama, ia menghasilkan karya tulis namun baru sebatas hobi. Kedua, ia menjadikan menulis sebagai pekerjaan sampingan, untuk menambah pemasukan bulanan. Ketiga, ia telah menjadikan menulis sebagai profesi utama, bahkan ia menjadi kaya dari hasil menulis, sebut saja Andrea Hirata, Asma Nadia, JK Rowling, Stephen King, dll. Nah, saya pikir menjadi penulis yang dimaksud adalah seperti yang tingkat kedua dan ketiga, bukan? menulis yang bisa menghasilkan uang.

Ada banyak cara untuk menjadi penulis dan menghasilkan uang dari menulis, berikut akan saya bagi beberapa langkah dan tipsnya.

1. Siapkan mental. Loh? kenapa harus menyiapkan mental. Ya, memutuskan untuk menjadi penulis butuh keberanian. Mungkin akan banyak yang mencibir dan mencemooh saat Anda belum menghasilkan karya dan belum mendapatkan apa-apa dari menulis. Meski terlihat sepele, ini perlu dicatat. Apalagi jika Anda memutuskan untuk menjadi penulis di tingkat ketiga.

2. Percaya diri dan menghargai karya sendiri. Cara kedua menjadi penulis adalah Anda harus yakin dan percaya bahwa Anda bisa, karena menulis sejatinya hanyalah keterampilan yang bisa dipelajari oleh semua orang dan akan semakin mahir saat sudah banyak berlatih. Menghargai karya sendiri juga penting, sehingga Anda akan menyimpan dengan rapi karya tulis Anda, juga berani untuk mempublikasikannya.

3. Bergabung dengan komunitas penulis. Ada banyak komunitas penulis, satu diantaranya adalah FLP (Forum Lingkar Pena), organisasi kepenulisan terbesar di dunia ini sudah punya jaringan hingga ke mancanegara. Dengan berkomunitas, motivasi Anda untuk menjadi penulis akan selalu terjaga.

4. Motivasi dan tujuan. Berikutnya, cara untuk menjadi penulis adalah Anda harus memiliki tujuan yang jelas. Lalu perbesar tujuan itu. Misalnya, jika tujuan Anda adalah untuk mendapatkan uang, berapa uang yang Anda inginkan mampir ke rekening setiap bulannya. Begitupula dengan motivasi, seperti yang sudah saya sampaikan, komunitas akan menjaga motivasi Anda tetap stabil, tapi jangan lupa bahwa motivasi dari dalam diri sendiri adalah yang terpenting.

5. Mencintai buku. Tak ada satu pun penulis yang tidak suka membaca. Jika Anda memang bersungguh-sungguh ingin menjadi penulis namun Anda masih malas membaca, Anda harus melatihnya dari sekarang. Paksa dan buat jadwal harian membaca. Mulailah dari buku dengan topik yang membuat Anda tertarik. Lama kelamaan setelah terbiasa, Anda akan menyukai aktivitas ini.

6. Sabar. Menjadi penulis ada berproses. Tidak ada cara instan untuk menjadi penulis. Semua membutuhkan waktu. Anda harus bersabar menjalani proses itu.

7. Bekerja keras. Semakin keras Anda berusaha, maka semakin dekat Anda dengan keinginan Anda menjadi seorang penulis. Menulislah sebanyak mungkin.

8. Disiplin. Buat jadwal rutin harian khusus untuk menulis. Usahakan jangan sampai tidak menulis dalam satu hari. Kalau memang terpaksa, anggap itu sebagai hutang yang harus Anda lunasi di hari yang lain. Jika Anda tidak disiplin atau jarang berlatih, maka semakin lama waktu yang Anda butuhkan untuk menjadi penulis. Setelah mahir dan berpenghasilan pun, cara ini harus terus diterapkan agar Anda menjadi penulis yang sukses. Karena jika dalam waktu yang lama Anda berhenti menulis, maka kemampuan Anda menjadi melemah dan tumpul.

9. Menulislah dan pantang menyerah. Hal terpenting untuk menjadi penulis adalah menulis dan jangan menyerah dengan kemalasan, writer's block, atau deadline. Bagaimana dengan teori? teori atau teknis menulis bisa dipelajari sambil lalu, bahkan terkadang teori bisa kita dapatkan pada saat praktek menulis langsung. Jadi intinya, tulislah apa yang dipikirkan dan dirasakan.

10. Kirim atau publikasikan karya. Anda bisa mengirimkan karya Anda ke media massa atau penerbit, bisa juga Anda terbitkan sendiri baik berupa buku atau di blog.

Demikian sekelumit hal penting dan cara menjadi penulis. Selamat berdebar-debar menunggu penghasilan pertama Anda dari menulis. Bisa berupa royalti, honor, hadiah, atau dari iklan di blog Anda. Selamat mencoba! (@RafifAmir)
loading...

Silakan masukkan alamat email untuk menerima postingan dari blog ini secara rutin.

0 Response to "10 Hal Penting dan Cara Untuk Menjadi Penulis"