Hamka Berkisah Tentang Nabi dan Rasul Jilid 1

"Tidak ada sejarah yang berulang-ulang diingat dan diceritakan kecuali riwayat para Nabi," kata M Saribi, penyusun buku ini, dalam kata pengantar. Buku yang ditulis dari hasil wawancara penyusun dengan Buya Hamka ini menceritakan dengan bahasa ringkas, sederhana, dan mudah dimengerti oleh anak-anak.

Tidak sekadar bernarasi, cerita para nabi mulai Nabi Adam sampai Nabi Yusuf dalam buku ini juga dilengkapi dengan dialog-dialog penting yang terjadi baik antara Nabi dengan Tuhan maupun dengan kaumnya. Seperti misalnya, ancaman kaum Nabi Shalih (Halaman 26): "Kalau engkau bisa menimbulkan unta dari batu ini," kata mereka sambil menunjuk ke sebuah batu besar di tengah padang pasir, "kami mau percaya padamu." Lalu Nabi Shalih menjawab, "Saya sendiri tidak bisa. Tapi saya akan memohon kepada Tuhan. Kalau batu itu benar bisa menjadi unta, apakah kalian mau percaya kepada Tuhan?" inilah yang menjadikan salah satu daya tarik buku ini.

Penyampaiannya juga cukup interaktif. Karena sasaran pembaca yang kebanyakan anak-anak, digunakanlah sapaan cucu-cucuku. Seperti di halaman 30, Lalu kalian ingin tahu cucu-cucuku, apa yang kemudian terjadi atas diri mereka ini? pertanyaan seperti ini tentu membuat pembaca atau pendengar menjadi penasaran. Ketegangan dan konflik yang terjadi antara para Nabi dan kaumnya pun diceritakan cukup detil dan menarik, deskripsinya sangat jelas dan pastilah akan menimbulkan keterngiangan di benak pembaca. Bagaimana kaum Sodom dihancurkan, bagaimana Nabi Yusuf ditelantarkan, atau bagaimana kaum Nabi Nuh ditenggelamkan. Semua akan menjadi pelajaran yang berharga bagi anak-anak setelah membaca buku ini.

Ada beberapa ilustrasi menarik juga yang sengaja disisipkan dalam  buku ini, menjadikannya sebagai salkah satu buku kisah Nabi dan Rasul yang pantas dicari. 

Book Review #55. Review Hamka Berkisah Tentang Nabi dan Rasul Jilid 1. Pustaka Panjimas, C3, 1982. 78 halaman. Karya Hamka/M Saribi.
loading...

Silakan masukkan alamat email untuk menerima postingan dari blog ini secara rutin.

0 Response to "Hamka Berkisah Tentang Nabi dan Rasul Jilid 1"