Kiat Jitu Menulis Esai



Menurut KBBI, Esai adalah karangan yang membahas suatu permasalahan secara sepintas berdasarkan sudut pandang penulis. Perbedaannya dengan artikel, Esai lebih bersifat subjektif sedangkan artikel lebih bersifat objektif. Sehingga gaya dalam menulis esai biasanya lebih luwes dan santai.

Nah, berikut ini ada beberapa petunjuk menulis esai sesuai dengan langkah-langkahnya.

1. Pahami dan definiskan topik atau tema
   Jika tema yang hendak ditulis sudah ada, cobalah uraikan tema tersebut dalam satu hingga dua kalimat lebih dulu.

2.  Kenalilah pembaca dan buatlah perencanaan waktu
    Tidak hanya saat membuat esai, dalam menulis apapun tahap ini harus mendapat perhatian. Pilihan bahasa dengan target pembaca awam tidak sama dengan bahasa yang digunakan untuk akademisi. Buat target waktu kapan esai harus selesai ditulis dan kapan direvisi.

3.  Lakukan riset
   Riset sangat tergantung dari berapa banyak bahan yang Anda butuhkan untuk menulis. Anda bisa mewawancarai orang-orang yang berhubungan dengan tema tulisan Anda, membaca buku atau mencarinya di internet.

4.  Mulailah menulis bebas
   Setelah referensi cukup, mulailah dengan menulis bebas. Pada tahap ini biarkanlah otak kanan Anda yang bekerja. Tulislah sebebas-bebasnya dengan gaya bahasa Anda sendiri. Abaikan aturan-aturan atau teori menulis esai. Kembangkan data yang telah terkumpul dengan menambahkan argumentasi serta ide-ide besar Anda.

5.  Buatlah paragraf pertama yang menarik
   Paragraf pertama dalam semua jenis tulisan adalah sesuatu yang penting, karena akan mendapat perhatian pembaca terlebih dahulu, setelah judul. Jadi sebisa mungkin esai dibuka dengan kalimat-kalimat yang unik, menggelitik, atau boleh juga dengan pertanyaan sehingga pembaca penasaran untuk membaca esai Anda hingga akhir. Selain itu dapat pula dibuka dengan gagasan atau pernyataan yang tidak biasa.

6.  Membangun tubuh esai yang ideal
  Yang perlu diperhatikan dalam hal ini adalah menjaga agar paragraph saling koheren atau berkesinambungan. Dalam satu paragraf utuh, perkuat gagasan dengan data dan fakta. Sebisa mungkin gunakan kalimat aktif dan hindari kalimat pasif, misalnya: mengerjakan bukan dikerjakan. Jangan lupa pula untuk menjaga esai agar tetap fokus (tidak keluar dari tema).

7.  Tutuplah esai dengan simpulan
   Kesimpulan di bagian akhir dari tulisan bisa dibuat berdasarkan ide yang ada di paragraf pertama. Jika dirasa masih kurang menarik, ubahlah tulisan sehingga menjadi lebih menarik.

8.  Tahap akhir setelah menulis
    Bacalah ulang tulisan Anda. Teliti lagi ejaan dan tanda baca, kalau-kalau ada yang salah. Jangan malas merevisi jika dirasa dalam tulisan ada yang tidak nyambung, baik antara kalimat satu dengan yang lainnya maupun antar paragraf. Jika tahap ini sudah Anda lewati, esai Anda sudah siap dipublikasikan.
loading...

Silakan masukkan alamat email untuk menerima postingan dari blog ini secara rutin.

0 Response to "Kiat Jitu Menulis Esai"