Kiat Mengatasi Hidung Mampet

Pernah mengalami flu berat sampai-sampai hidung mampet? tentu mengganggu bukan? biasanya saat itu daya tahan tubuh kita sedang melemah. Jika tidak diatasi, hidung mampet bisa membuat aktivitas kita juga mampet, tidur pun tak bisa nyenyak.

sumber gambar: gadgetinspector.co.uk
Ada beberapa kiat untuk mengatasi hidung mampet ini, berdasarkan pengalaman pribadi. Pada saat menulis artikel ini, hidung saya tak lagi mampet. Padahal sehari sebelumnya, masih flu berat dan lubang hidung sebelah kanan terasa buntu.

1. Banyak Minum. Dengan banyak minum, terutama air hangat, ada rasa lega di tenggorokan yang juga mengalir ke hidung. Hidung jadi lebih plong. Bisa juga bikin minuman jahe hangat, dijamin makin plong. Rutinitas minum air putih harus lebih diperbanyak, karena ketika daya tahan tubuh kita lemah, perlu lebih banyak cairan.

2. Dinebul atau diuap. Dengan menggunakan alat nebulizer. Cara ini mungkin terbilang mahal. Karena harus beli alatnya yang juga tak murah. Kebetulan, karena istri saya seorang dokter dan punya alatnya, jadi dimanfaatkan saja. Hehe. Fungsinya agar dahak atau lendir bisa lebih encer hingga bisa keluar dalam bentuk uap atau "meler".

3. Makan Sambal. Sudah saya buktikan sendiri. Kalau memang dinebul tidak memungkinkan, cara makan sambal ini tergolong cukup ampuh. Hidung mampet Anda akan langsung beres daam hitungan menit. Hanya saja, Anda perlu menyediakan banyak tisu, agar ingus Anda tak menetes kemana-mana. Tapi kalau perut Anda, tak tahan yang pedas-pedas, sebaiknya coba cara lain saja.

4. Berbaring Miring. Maksudnya begini, jika hidung yang tersumbat ada di sebelah kiri, maka Anda tidur berbaring ke sebelah kanan. Ini juga tips dari istri saya. Dan sudah saya buktikan. Hasilnya hidung mampet saya kembali plong. Tapi kalo miringnya kelamaan, bisa-bisa mampetnya pindah ke sebelah kanan.

5. Mengeluarkan Ingus. Jika ingus Anda mau keluar, jangan ditahan-tahan atau malah dihirup lagi masuk kedalam hidung hingga tembus tenggorokan. Bairkan saja ia keluar, Anda tinggal menyiapkan tisu atau pergi ke kamar mandi dan mencuci hidung Anda. Hidung akan terasa lebih lega, mampet berkurang.

6. Menangis. Jika Anda hobi menangis (#eh), Anda bisa menyalurkannya saat hidung Anda mampet. Menangislah sejadi-jadinya. Atau coba ingat hal-hal yang bisa membuat Anda menangis. Bermuhasabah, misalnya. Ketika Anda menangis, jangan lupa juga siapkan tisu yang banyak. Bukan untuk menyeka air mata. Tapi untuk mengusap air ingus yang nantinya akan bercuuran. Hmmm...

Sementara itu dulu, nanti kalo ada tambahan, akan menyusul.
loading...

Silakan masukkan alamat email untuk menerima postingan dari blog ini secara rutin.

0 Response to "Kiat Mengatasi Hidung Mampet"