Kiat Menjawab Pertanyaan Sulit ala Anton Chekov

findagrave.com
Mungkin kita bisa meniru cara Anton Chekov, seorang pengarang kenamaan, saat ia ditanya hal yang sulit dijawab dan berbau politis oleh tiga orang wanita. Ia ditanya tentang bagaimana akhir perang antara Yunani dan Turki. Saat itu Chekov menjawab, "Pada akhirnya akan damai." Tiga wanita tadi nampak tidak puas dengan jawaban Chekov. Pengarang Rusia itu didesak, "Siapa pemenangnya?". Dengan acuh-tak acuh Chekov menjawab,"Yang paling kuat yang akan menang." Rupanya ia masih terus didesak. "Siapa yang paling kuat?" Namun Chekov terus mengelak, "Yang lebih baik dalam memberi makan dan pendidikan." Tiga wanita itu masih bersemangat mendesak. Barangkali ia senang melihat Chekov yang mulai kewalahan meladeni pertanyaan.

Tapi Chekov tak kehabisan akal, maka sejurus kemudian ia mengalihkan pembicaraan, "Saya suka buah pastiles, apakah kalian juga senang?" Tiga wanita itu nampak sangat senang ditawari makanan lezat itu. Tanpa pikir panjang mereka mengiyakan. Mereka pun lupa pada apa yang mereka tanyakan.

Setelah ketiganya pamit pulang, Chekov hanya tersenyum. "Cukup alihkan pada perkara yang mereka sukai."

Jadi, kalau kita didesak seseorang dengan pertanyaan yang tak bisa atau tak mungkin kita jawab, cukup tebak apa yang disenangi lawan bicara kita, lalu alihkan pembicaraan. Kita akan menjadi pemenangnya.

Tentu, meski kiat Anton Chekov ini sebenarnya sangat mudah diterapkan, tapi akan menguras isi dompet Anda, dan bisa jadi si wanita tadi akan kembali lagi di waktu lain untuk menanyakan hal sulit untuk mendapatkan makanan kesukaannya.

Untuk menghindari kemenangan-kemenangan yang bikin rekening berkurang drastis itu, kita bisa mengalihkan pembicaraan saja pada tema atau topik yang disukai lawan bicara. Gosip selebritis, misalnya.

Tapi kalau cara ini tidak mempan, sebaiknya Anda tinggalkan kiat ini. Dan yang terpenting, tinggalkan jauh-jauh lawan bicara Anda agar pertanyan-pertanyaan itu tak membuat kepala Anda pusing. (@RafifAmir)
loading...

Silakan masukkan alamat email untuk menerima postingan dari blog ini secara rutin.

0 Response to "Kiat Menjawab Pertanyaan Sulit ala Anton Chekov "