Kiat Sukses Wawancara Kerja



Selain bekal keahlian, butuh seni khusus untuk mendapatkan pekerjaan sesuai keinginan. Setelah mengirim surat lamaran dan dinyatakan lulus, berikutnya Anda akan mendapat panggilan untuk tes wawancara. Disinilah kemampuan personal Anda akan diuji. Oleh sebab itu, usahakan tampil maksimal saat akan wawancara kerja. Berikut ini ada beberapa kiat agar wawancara kerja Anda sukses, mulai dari tahap persiapan hingga saat wawancara berlangsung.
sumber gambar: pemi-loker.blogspot.com

Persiapan atau Pra Wawancara

1. Anda harus menyadari bahwa kemampuan akademik Anda tidak akan diperhitungkan ketika menghadapi tes wawancara.

2. Usahakan Anda telah sampai di lokasi wawancara paling lambat 30 menit sebelum wawancara dimulai.

3. Tampil tenang dan percaya diri. Tidak disarankan begadang saat malam hari sebelum wawancara. Hal ini agar Anda tetapi bisa tampil bugar.

4. Mengenakan pakaian yang bersih, rapi, dan sopan. Jika perlu, semprotkan juga minyak wangi ke tubuh Anda untuk semakin memberi kesan yang baik dalam  penampilan.
5. Mempelajari visi-misi perusahaan tempat Anda melamar kerja. Cari tahu sebanyak mungkin tentang perusahaan tersebut. Hal Ini penting dilakukan agar Anda punya bekal yang cukup saat wawancara.

6. Jangan lupa berdo’a.

Strategi  Saat Wawancara

Nah, setelah persiapan benar-benar maksimal, tahap berikutnya adalah mengetahui strategi atau kiat yang bisa Anda praktikkan ketika wawancara berlangsung

1. Berusaha tampil tenang dan meyakinkan. Percayalah dengan kemampuan yang Anda miliki.

2. Berusaha menjawab pertanyaan calon atasan Anda dengan baik, taktis, namun juga tidak asal bicara. Sebaiknya sebelum Anda bicara, diperhitungkan terlebih dahulu susunan katanya.

3. Jangan menjelek-jelekkan atau memberikan informasi negatif jika Anda ditanya tentang perusahaan tempat Anda bekerja sebelumnya. 

4. Jika Anda ditanya tentang kelemahan Anda, jawablah dengan jujur namun tetap tenang. Jangan mengada-ada. Berusaha jujur tapi tetap optimis kelemahan yang ada bisa diperbaiki.

5. Jika ditanya hal pribadi, misalnya tentang pacar dan kapan menikah, atau tentang aktivitas lainnya yang mungkin banyak menyita waktu Anda di luar pekerjaan nanti,  usahakan jawaban yang Anda berikan tetap berusaha profesional.
6. Jika Anda ditanya perihal gaji, jawablah dengan diplomatis dan sesuaikan dengan keahlian yang Anda miliki, namun jangan menampakkan kesan bahwa Anda sombong. Jangan mengatakanberapapun saya terima atau “tidak tahu” saat ditanya mengenai gaji Anda nanti.

7. Tetap menjaga kontak mata selama wawancara belangsung. Hindari terlalu banyak menunduk sehingga seolah-olah Anda tidak menghargai orang yang mengajak Anda bicara.

8. Gunakan kata-kata yang menunjukkan rasa percaya diri dan optimis.

Demikianlah kiat sukses wawancara kerja yang mungkin bisa Anda praktekkan. Yang terpenting adalah menyiapkan mental dan berusaha menjaga emosi Anda tetap stabil serta menunjukkan bahwa Anda layak dan memiliki integritas. Semoga wawancara kerja Anda sukses. (@RafifAmir)
loading...

Silakan masukkan alamat email untuk menerima postingan dari blog ini secara rutin.

0 Response to "Kiat Sukses Wawancara Kerja"