Memulai Bisnis dari Hobi

Setiap kali ada yang minta saran pada saya tentang bagaimana cara untuk memulai bisnis, selalu saya katakan begini: mulailah bisnismu dari hobi, fokus, kembangkan. Mengapa?

sumber gambar: luwuraya.net
Sejak pertama merintis bakul buku, itu juga karena hobi membaca saya. Saya membeli buku-buku yang saya suka dengan niatan dijual lagi. Jika tidak laku atau bangkrut tidak masalah. Buku-buku itu bisa saya nikmati sendiri sebagai koleksi pribadi.

Bisnis yang dimulai dari hobi akan membuatmu bergairah menjalankannya. Kau tidak kecewa ketika pelangganmu sedikit, karena hanya dengan melihat buku-buku yang berjajar di rak saja kau sudah cukup puas. Kau tidak akan mutung ketika tiba-tiba omset menurun drastis, karena justru kesempatanmu membaca buku-buku yang kau suka akan semakin banyak. Tetapi kau akan terus berusaha mengembangkan bisnismu itu dengan semangat yang meletup-letup. Lakukan saja tugasmu; promosi, marketing, dan seterusnya. Allah yang akan menebarkan rezekiNya.

Jangan pedulikan jika ada orang yang mengatakan bahwa bisnismu tidak prospek, pasarnya gak ada, tidak mungkin laku, dan seterusnya. Tidak ada barang dagangan yang tidak laku. Itu hanya persoalan strategi dan marketing saja. Jalani saja. Karena jika bisnismu sesuai dengan hobimu kau akan merasa bahagia menjalaninya. Itu saja. Kebahagiaan dalam menjalani bisnis itulah yang sebenarnya akan mengantarkan kita pada puncak kesuksesan.

Berikut sedikit tips dari saya, bagaimana memulai bisnis dari hobi.

1. Kenali dengan baik, aktivitas yang paling menyenangkan menurutmu. Jangan ikut-ikutan. Misalnya, memancing.
2. Cari tahu kira-kira bisnis apa yang cocok dengan hobimu itu. Kau bisa mencarinya lewat google atau google adwords. Misalnya, jualan perlengkapan memancing.
3. Setelah itu, mulailah segera. Jika modal gak punya atau pas-pasan, kau bisa bekerja sama dengan pengusaha alat pancing dan membantu menjualkannya. Saya jamin ia pasti sangat senang.
4. Buatlah pasar. Kau bisa menggunakan media sosial untuk menjangkau lebih banyak pasar. Bisa dengan bergabung di grup facebook sesama penghobi memancing dan semacamnya.
5. Mulai tawarkan produk yang kamu jual kepada sebanyak mungkin orang. Sediakan waktu luang untuk itu, setidaknya 1 atau 2 jam sehari jika memang kau masih terlalu sibuk dengan aktivitasmu yang lain.
6. Nikmati penghasilan pertama dan bisnis yang menyenangkan ini.
loading...

Silakan masukkan alamat email untuk menerima postingan dari blog ini secara rutin.

0 Response to "Memulai Bisnis dari Hobi"