Mengenal Malaikat dan Tugas-tugasnya



Siapakah malaikat? Malaikat adalah makhluk ciptaan Allah yang ghaib. Malaikat tidak dikarunia nafsu dan pikiran, sehingga malaikat tidak mungkin berbuat dosa. Jumlah malaikat banyak sekali, namun yang wajib diimani ada sepuluh. Iman kepada malaikat merupakan rukun iman yang kedua dari enam rukun iman yang diajarkan oleh agama Islam.

Orang Islam yang tidak mempercayai adanya malaikat berarti ia tidak bisa dikatakan beriman. Oleh karena itu, sebagai muslim yang taat, yuk kita mengenal siapa saja nama malaikat dan tugas-tugasnya.

1.  Malaikat Jibril, ditugaskan oleh Allah untuk menyampaikan wahyuNya. Al-Qur’an yang nota bene kitab suci umat Islam merupakan wahyu Allah yang diturunkan oleh malaikat jibril kepada junjungan kita tercinta, Nabi muhammad saw.

2. Malaikat Mikail, ditugaskan oleh Allah untuk memberi rizki termasuk juga hujan kepada seluruh makhlukNya yang ada di bumi

3. Malaikat Israfil, ditugaskan oleh Allah untuk meniup sangkakala yang menandai berakhinya kehidupan di bumi dan dimulainya hari kebangkitan di akhirat. Tiupan yang pertama adalah tiupan yang mengejutkan dan memekakkan telinga. Pada tiupan yang kedua, manusia dan makhluk-makhluk Allah yang lain akan mati seluruhnya. Dan pada tiupan yang ketiga, manusia akan dibangkitkan untuk mempertanggungjawabkan seluruh amal perbuatannya.

4. Malaikat Izrail, ditugaskan untuk mencabut nyawa. Malaikat Izrail yang nantinya akan memisahkan ruh dari jasad manusia.

5. Malaikat Raqib dan ‘Atid, ditugaskan oleh Allah untuk mencatat amal baik dan amal buruk manusia selama hidupnya. Semua perbuatan manusia sekecil apapun tidak ada yang terlepas dari pengawasannya.

6. Malaikat Munkar dan Nakir, ditugaskan oleh Allah untuk menjaga kubur. Jika yang meninggal dalam kubur adalah orang yang shaleh, maka akan ditampakkanlah nikmat kubur. Namun jika yang meninggal adalah orang yang kufur, maka kedua malaikat tersebut akan menyiksanya.

7. Malaikat Ridwan, ditugaskan oleh Allah untuk menjaga surga.

8. Malaikat Malik, ditugaskan oleh Allah untuk menjaga neraka.

Demikianlah nama-nama malaikat dan tugas-tugasnya yang wajib kita ketahui. Selain itu, ada lagi beberapa nama malaikat yang disebutkan di dalam Al-Qur’an maupun hadist yaitu malaikat Harut dan Marut serta malaikat Ar-Ra’d yang ditugaskan oleh Allah untuk mengatur awan.

Salah satu hikmah yang bisa kita peroleh dengan mengimani sepuluh malaikat dan tugas-tugasnya, kita akan menjadi lebih berhati-hati dalam hidup ini, baik dalam perbuatan maupun perkataan, karena semuanya diawasi oleh para malaikat dan kelak akan mendapatkan pembalasan di akhirat.(@RafifAmir)
loading...

Silakan masukkan alamat email untuk menerima postingan dari blog ini secara rutin.

0 Response to "Mengenal Malaikat dan Tugas-tugasnya"