Tips Tetap Kaya di Tanggal Tua

Apa yang kamu pikirkan saat mendengar kata "tanggal tua"?

Target. Gajian. Duit menipis. Utang. Atau indomie? hehe... Tentang yang terakhir ini, sampai-sampai ada yang membuat puisi: minggu pertama makan KFC, minggu kedua di warung Bu Sri, minggu ketiga masak sendiri, minggu keempat makan indomie. Gak usah dicari sumbernya, karena itu puisi buatan saya sendiri :D

kaya di tanggal tua. sumber gambar: liputan6.com
Bagi sebagian orang, khususnya yang menerima penghasilan sebulan sekali, tanggal tua menjadi momok yang menakutkan. Seandainya bisa sih, dilompati saja, langsung bulan berikutnya. Sayangnya dengan cara apapun tanggal tua tak bisa dihindari, hehe. Lalu bagaimana dong? duit sudah sekarat malah kadang minus.

Oke, oke. Tetap tenang, karena saya akan memberikan langkah khusus bagaimana agar di saat tanggal tua kamu tetap berjaya, bahkan kaya raya. Woow!! Simak baik-baik ya...

Pertama, jangan panik. Seperti yang saya sebutkan tadi. Jurus pertama yang harus dikeluarkan begitu bangun tidur dan menyadari bahwa tanggal tua telah datang, tarik napas dalam-dalam, lalu hembuskan perlahan. Lakukan beberapa kali. Sampai kamu sadar bahwa kamu masih hidup dan diberi karunia serta nikmat yang luar biasa banyak.

Kedua, imajinasikan. Bayangkan apa yang kamu inginkan di tanggal tua. Jangan membayangkan apa yang tidak kamu inginkan. Bayangkan saja yang enak-enak. Tapi jika menurutmu indomie itu enak, ya tak apalah. Hehe.

Baik. Stop sampai di sini dulu. Karena tulisan ini hadir di tanggal tua, saya tidak berharap langsung dipraktekkan saat ini juga. Tapi ini buat bulan depan ya... Oleh karena itu, sebelum masuk tahap berikutnya. Saya ingin memberikan sedikit tips yang rasional.

Ketika gaji sudah diterima, segeralah keluarkan untuk hal-hal penting seperti zakat, infaq, bayar utang, asuransi, dan kebutuhan pokok lainnya, juga yang penting dan mendesak. Ingat ya, yang penting dan mendesak. Kalau hanya penting saja, sebaiknya dipikir ulang lagi. Setelah itu, uang yang ada di genggaman dibagi empat. Misalnya, yang tersisa 1 juta, ya satu juta itu dibagi empat. Ketemu 250 ribu.

Jadi begini, 250 ribu pertama buat makan dan dihabiskan di minggu pertama. 250 ribu kedua digunakan buat modal usaha. Entah, usaha apa aja. 250 ribu ketiga letakkan di bawah kasur (posisi tengah-tengah) atau selipkan dalam buku di perpustakaan pribadimu (buku keempat dari pojok kanan atas). Kemudian lupakan. Ini penting, jangan sekalipun mengingatnya atau berusaha mengingat. Hukum dirimu sendiri jika mengingatnya. Terus, 250 ribu keempat masukkan kantong baju atau celana yang akan kamu pakai minggu depan. Baik, selesai. Kembalilah tidur dengan tenang. Lupakan tanggal tua.

Loh? terus gimana? Gimana apanya? uang saya!!! Hehehe, belum tanggal tua kok sudah panik duluan. Tenang aja. Yang penting kan sudah bisa makan dalam seminggu. Jika memang gak cukup, gak usah ke KFC. Ohya, 250 ribu kedua yang dibuat modal usaha minimal harus balik modal lho... kalo gak, minggu depan kamu gak makan. Minggu pertama, memang minggu yang berat bagi kamu. Kamu harus bekerja keras. Siang-malam, pagi-sore. Lupakan bersenang-senang dan traktiran.

Minggu kedua, saatnya kamu berbahagia, makan dari hasil usaha kecil-kecilanmu. Pasti nikmatnya melebihi menerima gaji pertama. Tapi bagaimana kalau belum balik modal? tenang, coba cek kantong baju atau celanamu. Nah, ada uang 250 ribu kan?

Minggu ketiga, belum balik modal juga? ya, resiko tanggung penumpang. Coba saja tawarkan ke saya jualanmu itu, barangkali saya berminat. Atau jual saja semua dengan harga murah meriah. Terus belum balik modal juga? ya, cari aja kerja sampingan memanfaatkan keterampilan kecil-kecilan. Misal jasa pengetikan atau apalah, yang penting kamu harus tetap hidup.

Baik. Sekarang kita lanjutkan lagi tahap ketiga yang sempat tertunda tadi.

Ketiga, selalu ingat pada awal minggu keempat. Tepatnya tangal 22, (nah ini kamu sudah masuk tanggal tua)kamu haru membuka bookmark di browsermu, yaitu artikel ini. Kalau khawatir lupa, minta tolong orang terdekat untuk diingatkan. Atau, gunakan alarm. Ingat, sekali-kali jangan membuka artikel ini sebelum tanggal 22.

Keempat, selamat!. Sekali lagi selamat, kamu mendapatkan uang 250 ribu! Loh, darimana? pikir sendiri. (@RafifAmir
loading...

Silakan masukkan alamat email untuk menerima postingan dari blog ini secara rutin.

0 Response to "Tips Tetap Kaya di Tanggal Tua"