6 Sebab Belum Terkabulnya Do'a

sumber gambar: arrahmah.com
Pernahkah kita merasa berdoa terus-menerus dan berusngguh-sungguh tapi ternyata belum terkabul jua? Dalam Said Al-Khatir, Ibnu Al-Jauzi menyebutkan paling tidak ada enam alasan atau hikmah mengapa doa kita yang disertai kekhusukan dan rasa tawadhu’ itu tak kunjung terkabul.

 Pertama, kita telah sama-sama tahu bahwa Allah adalah pemilik segalanya. Yang memiliki kuasa untuk memberikan atau tidak memberikan sesuatu. Doa kita bukan untuk memaksa Allah agar menganugerahkan yang kita inginkan. Tapi ia hanya sekadar pinta, yang bisa diterima bisa juga ditolak.

Kedua, Allah lebih mengetahui daripada kita tentang apa-apa yang belum terjadi atau apa-apa yang tidak nampak oleh kita. Sehingga boleh jadi Allah sebenarnya telah mengabulkan doa kita hanya saja kita tidak sadar, karena Allah hendak menyelesaikan masalah kita dengan caraNya yang tidak kita duga.

Ketiga, boleh jadi Allah sengaja menunda terkabulnya doa kita karena Dia hendak memberikan kebaikan pada kita. Karena jika terlalu cepat dikabulkan justru mendatangkan keburukan.

Keempat, doa yang tidak terkabul mungkin bisa disebabkan perilaku kita yang kurang memerhatikan suatu dosa yang kita lakukan berulang-ulang tanpa sesal. Atau dosa-dosa lain yang menyebabkan terhalangnya doa untuk diterima dan dikabulkan olehNya.

Kelima, sebaiknya perlu kita telisik lagi secara seksama tentang maksud dan tujuan pinta kita. Karena bisa jadi, terkabulnya doa kita justru menambah daftar maksiat yang kita lakukan dan membuat dosa kita semakin banyak. Oleh karenanya, Allah hendak memberikan kebaikan dengan tidak mengabulkan doa kita agar kita senantiasa terjaga dari keburukan.

Keenam, doa yang kita panjatkan terus-menerus karena keinginan yang sangat serius akan membuat kita lebih dekat denganNya. Akan tetapi jika doa itu terkabul, mungkin akan membuat kita lupa dan lalai serta semakin menjauh dariNya. Sehingga Allah lebih senang melihat kita terus-menerus berada dalam iman dan ketaqwaan.

Begitulah kiranya beberapa dari sekian hikmah yang tentu masih sangat banyak dan bisa terus kita gali untuk menjadikan kita tak berputus asa dari rahmat Allah hanya karna lantaran doa kita tak kunjung mewujud. Paling tidak, hikmah yang bisa langsung kita rasakan bahwa doa menambah keintiman kita denganNya, melatih kita untuk sabar, dan terutama memerangi bisikan-bisikan syetan yang selalu mengajak kita keluar dari ketaatan. 

(dalam buku Meniti Kehidupan Agung karya Rafif Amir)
loading...

Silakan masukkan alamat email untuk menerima postingan dari blog ini secara rutin.

1 Response to "6 Sebab Belum Terkabulnya Do'a"

Muhammad Rasyid Ridho mengatakan...

Shaid al-Khatir memang buku renungan yang sangat keren ya mas..