5 Hal yang Perlu Diwaspadai Saat Musim Hujan Tiba

Akhir tahun biasanya bertepatan dengan musim hujan di seluruh wilayah Indonesia. Hujan turun hampir setiap hari dan tak jarang pula disertai badai. Ada yang perlu diwaspadai saat musim hujan seperti ini datang, agar kita tetap selamat dan enjoy menikmati hujan yang berkah ini.
sumber gambar: www.durensawit.com

1. Waspada Jalan Raya yang Licin
     Kemarin, saat saya lewat beberapa ruas jalan utama di Surabaya, setidaknya saya melihat ada empat orang yang terjatuh dari motor di lokasi berbeda. Saat itu memang sedang hujan deras dan jalanan cukup padat merayap. Kemungkinan mereka ngerem terlalu kuat dan mendadak sehingga ban motor yang bertemu jalan yang licin tergelincir. Saya juga pernah beberapa kali mengalami, meski tidak sampai jatuh tapi sempat bikin shock. Tipsnya, jangan ngerem mendadak dan usahakan ketika ngerem bersamaan antara rem depan dan rem belakang. Jangan hanya ngerem belakang saja, apalagi ngerem depan saja.

2. Waspada Pohon Tumbang
     Musim hujan sebelumnya, pohon mangga yang cukup besar di halaman belakang rumah saya roboh. Akar-akarnya juga tercerabut. Batang pohon menimpa atap. Gak sampai rusak parah sih, tapi tak ada jalan lain buat menyingkirkan pohon itu kecuali ditebang. Jadi, saat musim hujan begini hati-hati dengan pohon-pohon besar yang menunjukkan tanda-tanda akan roboh, tidak hanya di rumah tetapi juga saat di luar rumah. Misalnya, saat berteduh, sebaiknya hindari berteduh di bawah pohon besar saat badai.

3. Waspada Pemadaman Listrik
    Ini nih yang terkadang bikin sebagian orang gregetan. Tapi memang tak ada yang bisa disalahkan. Musim hujan biasanya identik dengan pemadaman karena seringkali aliran listrik terganggu; mulai kabel yang ditimpa oleh pohon yang roboh, trafo yang bermasalah, dan lain-lain. Jadi, saat musim hujan sediakan lilin yang cukup di rumah. Antisipasi kalau terjadi pemadaman. Pastikan jangan menunda-nunda pekerjaan yang berhubungan dengan perangkat elektronik seperti menyetrika, nyuci di mesin cuci, menulis di laptop, dan sebagainya. Kalau punya perangkat penyimpan atau penghasil daya, itu lebih baik lagi.

4. Waspada Banjir
    Banjir bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Apalagi di daerah yang memang sudah langganan banjir tiap musim hujan tiba. Untuk mempersiapkan diri saat banjir menimpa rumah dan lingkungan sekitar, pindahkan barang-barang yang mudah rusak atau hanyut kena air ke tempat yang aman. Sedangkan untuk mengantisipasi saat banjir terjadi di jalan yang biasa dilewati, pakailah jalur alternatif. Tapi jika memang tidak ada, jangan memaksakan kendaraan Anda menerobos banjir yang agak tinggi, bisa-bisa kendaraan Anda mogok atau rusak. Jika ada, gunakan saja jasa penyeberangan dengan perahu.

5. Waspada Atap Rumah Bocor
    Saat hujan sudah reda, segeralah perbaiki jika atap rumah Anda bocor. Jangan menyepelekan dengan mengandalkan baskom, ember, atau gelas untuk menampung tetes air yang jatuh. Selain mengganggu kenyamanan, juga bisa merusak plafon. Kalau memang kesulitan memperbaiki sendiri, cari tukang atau minta bantuan tetangga Anda yang kira-kira bisa.

Sebenarnya, masih banyak lagi hal yang perlu diwaspadai saat musih hujan tiba. Seperti longsor, wabah penyakit, hingga derita kelaparan. Yang terakhir ini, maaf, biasa terjadi saat cuaca dingin. Dingin menyebabkan lapar. Dan kiranya, mie instan menjadi teman setia saat melangkah keluar rumah membuat hati resah dan gundah. (@RafifAmir)
loading...

Silakan masukkan alamat email untuk menerima postingan dari blog ini secara rutin.

0 Response to "5 Hal yang Perlu Diwaspadai Saat Musim Hujan Tiba"