Api Alam Pamekasan Saat Malam

Salah satu destinasi wisata yang paling populer di Pamekasan adalah Api Alam atau Api Tak Kunjung Padam. Setiap saya bertemu dengan orang baru dan ngobrol tentang Pamekasan pasti yang diingat salah satunya Api Alam ini.

Berlokasi di desa Larangan Tokol, akses masuk ke Api Alam sangat mudah. Tak begitu jauh dari jalan raya provinsi, sebelum masuk kota Pamekasan. Dari arah kiri jalan, tinggal lurus ke arah barat kira-kira 500 meter. Perlu hati-hati jika Anda meggunakan sepeda motor atau mobil, karena jalan menuju lokasi yang rusak parah.

Api Alam Pamekasan sebenarnya bisa menjadi tempat wisata unggulan andai saja dirawat dengan baik. Pengelolaannya sampai saat ini masih berada di tangan swasta. Berdasarkan desas-desus yang beredar, konon sebenarnya mau diambil alih dan dikelola pemerintah, tapi belum menemukan titik temu dengan pemilik lahan.

Berkali-kali saya ke sana, tidak ada perubahan yang tampak mencolok. Yang ada justru kesan tak terawatnya semakin kelihatan. Dulu juga ada pemandian air panas di dekat situ, tapi sejak bertahun lalu sudah tidak ada lagi. Pagar pembatas berbentuk lingkaran yang mengelilingi Api Tak Kunjung Padam juga kelihatan belum pernah dipugar.

Selain dapat menyaksikan Api Alam di sekitar tepi pagar pembatas, para pengunjung juga bisa membeli jagung yang banyak dijajakan oleh beberapa penjual dan membakarnya menggunakan Api Alam. Bahkan penduduk setempat ada yang memanfaatkannya untuk menjerang nasi.

Ohya, jika ingin mengambil gambar saat malam hari, sebaiknya tidak menggunakan lampu blitz. Memang lebih terang, tapi nyala apinya jadi kurang kelihatan. Bisa dibedakan gambar atas (tidak menggunakan lampu blitz) dan gambar bawah (menggunakan lampu blitz)

Tidak hanya menyaksikan Api Alam, pengunjung juga bisa menikmati penganan khas Madura dan memborong oleh-oleh atau souvenir khas Madura. Mulai dari gantungan kunci, batik, kaos, hingga clurit dan cemeti.

Gimana? tertarik untuk berkunjung ke sana?


loading...

Silakan masukkan alamat email untuk menerima postingan dari blog ini secara rutin.

0 Response to "Api Alam Pamekasan Saat Malam"