Tak Ada Senja di Pantai Toraja

Kalau menyebut destinasi wisata pantai di Kabupaten Sumenep, mungkin Pantai Lombang yang cukup populer. Tapi ternyata ada juga yang tak kalah indah dari Pantai Lombang, Pantai Toraja salah satuya. Untuk sampai ke pantai yang terletak di Kecamatan Dungkek ini, kurang lebih butuh waktu 40 menit perjalanan dengan mobil. Searah dengan jalan menuju Pantai Lombang, hanya saja Pantai Toraja terletak di sebelah selatan.

Sekitar pukul 9 pagi saya menjejakkan kaki di sana. Baru keluar dari mobil, salah seorang teman takjub, bukan karena panorama lautnya, tapi... "Pasirnya oranye," katanya. Saya tertawa ngikik. Yang ia maksud, hamparan tanah yang memang berwarna agak oranye. Kalau orang Madura menyebutnya, tana mera.


Di sekitar pantai banyak tumbuhan yang tinggi menjulang, banyak pula tempat untuk melepas penat. Seperti saung atau gazebo yang terbuat dari bambu dan atapnya dari daun pohon kelapa yang kering. Selain sebagai tempat bersantai, ada juga yang sambil ngemil atau sekadar ngopi sambil menikmati pemandangan laut yang indah.

Konon, Pantai Toraja sangat direkomendasikan bagi penikmat sunset. Senja yang menawan selalu hadir di pantai berpasir putih dengan karang-karang kecil ini. Sayang, saya belum melihat senja yang rupawan itu karena begitu pulang dari Gili Labak dan hampir sampai kembali di Pantai Toraja, matahari tenggelam di balik awan, hanya menyisakan siluet kemerahan.

Pantai Toraja sangat cocok dijadikan tempat menulis, rapat, diskusi, atau sekadar ngobrol dengan teman-teman atau orang-orang terdekat. Semilir anginnya yang lembut berkali-kali meniup tubuh saya, apalagi ketika kemudian gerimis yang disusul hujan tumpah dari langit. Kesejukan yang tiada terkira. Andai saja, saya menghabiskan senja di sana. Senja yang bulat dan jingga mungkin akan terasa lebih indah.


Hanya saja sayang, Pantai Toraja ini tidak memiliki fasilitas toilet yang memadai. Toilet terdekat berada tepat di seberang pintu masuk. Sebenarnya bukan toilet, tapi tempat untuk adurmas, karena juga tidak berpintu dan airnya kotor. Mungkin jika fasilitas umum seperti toilet tadi diperbaiki, akan semakin banyak yang betah berlama-lama menikmati Pantai Toraja nan indah ini.
loading...

Silakan masukkan alamat email untuk menerima postingan dari blog ini secara rutin.

0 Response to "Tak Ada Senja di Pantai Toraja"