Raanjhanaa

Film-film bollywood yang bergenre romance selalu punya kekhaan tersendiri. Ia selalu berhasil mengaduk-aduk emosi penonton, dengan konflik dan alur yang tak terduga. Meski durasinya cukup lama tapi seakan tak bosan untuk menyuguhkan adegan-adegan yang membuat penasaran.

Tak terkecuali Film Raanjhanaa ini. Kisah cinta seorang pemuda desa bernama Kundan pada Zoya, yang sudah dimulai sejak masa remaja. Cinta yang menjadi sebab perpisahan mereka. Sebab Kundan seorag Hindu dan Zoya pemeluk Islam. Zoya diasingkan untuk studi. 8 tahun, sebelum ia kembali.

Betapa Kundan patah hati, saat Zoya tak mengenal dirinya saat ia menjemput separuh hidupnya itu di stasiun. Tapi ia gigih berusaha, dan Zoya pun mengingatnya. Kundan menginginkan cinta dan pernikahan, sementara Zoya hanya menganggap sebatas persahabatan. Zoya telah memiliki tambatan hati.

Kundan yang dengan cintanya bahkan rela mati, yang kemudian melakukan segala cara agar Zoya dapat menikah dengan kekasihnya itu. Meski hatinya benar-benar remuk. Ia berjanji, akan menikah di hari yang sama dengan pernikahan Zoya. Dengan seorang perempuan bernama Bindiya, sahabat sejak kecil yang sangat tulus mencintai Kundan. Tapi Kundan tak mencintainya. Cintanya, sepenuhnya untuk Zoya.

Sesuatu yang besar terjadi di saat pernikahan. Sesuatu yang mengubah hidup Kundan dan Zoya, sesuatu yang menyebabkan kematian Akram, calon suami Zoya.

Suasana hati yang begitu pelik dalam diri Kundan dan Zoya. Kundan yang merasa bersalah tapi terus mengejar cintanya. Zoya yang memendam sedih, dendam, dan benci. Sementara mereka harus bertemu dalam partai yang sama. Dengan kepiawaiannya bernegosiasi, Kundan menjadi bintang, Zoya menjadi semakin muak.

Pada akhirnya, dendam itu pun mencapai puncaknya, dan meledak. Seperti ledakan dan tembakan yang membuat Kundan terkapar. Untuk kemudian menutup mata selama-lamanya.

Bagaimana itu bisa terjadi? Zoya menangisi kematian Kundan. Mungkin satu-satunya tangisan paling tulus, saat ia mulai mengerti bahwa cinta dapat mengorbankan apa saja yang Kundan miliki. Bahwa cinta akan menjadikan Kundan melakukan apa saja, bahkan jikalau harus mengantarkannya pada detik kematian yang sudah ia ketahui. Cinta Kundan begitu besar, sebesar dendam Zoya padanya.

Sebuah akhir yang tragis. Sebuah ending yang mengiris. Film yang dibintangi Sonam Kapoor, Dhanush, Zeesan Ayyub, Swara Bhaskar dan disutradarai Aanand Rai ini akan membuat penonton tertawa pada suatu masa, dan menangis pada masa yang lain. Alur yang sulit ditebak seperti saat Kundan membawa lari Zoya dari rumah sakit untuk bertemu Akram, seperti saat Zoya menangis dan mengatakan cinta di hadapan Kundan sebelum terjadinya ledakan.

Raanjhanaa, sebuah film yang akan mengajarkanmu bagaimana seharusnya mencintai, bagaimana menyikapi seseorang yang begitu tulus mencintaimu dan membalas ketulusan yang ia berikan. (@RafifAmir)
loading...

Silakan masukkan alamat email untuk menerima postingan dari blog ini secara rutin.

0 Response to "Raanjhanaa"