Tiga Kunci Sukses Bisnis



Banyak orang yang mencoba berwirausaha tapi hanya sedikit yang mampu bertahan dan sukses. Muhammad Yunus termasuk dalam yang sedikit itu. Sembilan belas tahun, tentu bukan waktu yang singkat untuk menekuni bisnis studio foto yang telah dirintisnya sejak 1997. Suka duka pasti ada, tapi bagi ayah dari dua anak ini, semuanya terasa manis. 

Suami dari Nur Fadhilah ini pernah dua kali kehilangan komputer. Bagi pengusaha studio foto, komputer pastilah sangat berharga. Tapi selalu ada kemudahan di balik kesulitan. Ada seorang teman jama’ah masjid yang dengan tulus memberikannya pinjaman. Tanpa bunga, tanpa batas waktu. Namun demikian, Subhanallah, laki-laki kelahiran Sidoarjo 47 tahun silam ini dapat melunasi pinjaman itu hanya dalam waktu 2 bulan!

Studio foto “Pelangi” milik Muhammad Yunus berlokasi di Porong, Sidoarjo. Sebelum membangun bisnis tersebut, laki-laki yang ramah dan murah senyum ini pernah merasakan menjadi kuli bangunan, tepatnya semenjak ia lulus STM. Namun hanya bertahan tiga bulan. Ia mencoba peruntungan lainnya, dan Alhamdulillah ia diterima kerja di sebuah studio foto dan melakoninya selama 8 tahun. 

Waktu 8 tahun itu menjadi modal bagi ayah dari Faradhiba Nur Firdaus dan M Sholahuddin Azis ini untuk membuka usaha sendiri. Berbekal pengalaman yang tidak sedikit, tekad yang kuat, dan optimisme yang besar, studi foto “Pelangi” akhirnya berdiri. Yunus mengaku lebih enjoy dengan berwirausaha daripada bekerja sebagai karyawan. Selain karena tidak terikat, ia juga bisa mendapatkan penghasilan yang lebih besar. Dengan penghasilan yang “lumayan” itu, ia berhasil memasukkan anaknya ke perguruan tinggi dan mendaftar untuk naik haji. 

Laki-laki yang mempunyai motto “Dengan usaha, Allah pasti akan mengirimkan rezekiNya” ini menyampaikan tiga kunci sukses berwirausaha. Pertama, sabar dalam melayani konsumen. Kedua, telaten dan ramah pada pelanggan. Ketiga, yang tak kalah penting adalah sedekah, shalat dhuha, dan merutinkan doa pagi dan petang. Tiga hal itulah, yang membuat usaha Yunus tetap eksis dan berkembang. Meski, di sekitar studionya juga berdiri studio-studio foto lain yang tak kalah menarik. Intinya: loyalitas pada Allah dan loyalitas pada konsumen. 

Semoga menjadi inspirasi bagi sahabat Alquran sekalian yang sedang atau akan merintis bisnis. (Rafif Amir)

dimuat di Majalah SQ, Edisi Februari 2016
loading...

Silakan masukkan alamat email untuk menerima postingan dari blog ini secara rutin.

0 Response to "Tiga Kunci Sukses Bisnis "