5 Tips Saat Tersesat di Jalan

Dengan berbekal petunjuk dari google map, biasanya saya jarang tersesat di jalan. Tapi tadi pagi, sungguh berbeda. Saya terpaksa harus menyadari bahwa ada saat-saat google map tak dapat diandalkan. Yaitu saat batre handphone tewas setewas-tewasnya.
 
sumber gambar: www.kompasiana.com
Saya mau menuju SMP Alfa Omega. Ada acara SV (School Visit) Menulis di sana. Sebuah even kerjasama Fabercastell dan FLP (Forum Lingkar Pena). Sedianya acara dimulai pukul 9 pagi. Saya berangkat dari rumah pukul 7.30 wib. Perkiraan sampai di lokasi kurang lebih 1 jam. Ternyata di tengah jalan terjebak macet cukup parah, tepatnya di sepanjang Jalan Raya Gedangan. Setelah 1 jam berusaha menerobos macet, baru tahu kalau ternyata jalan ditutup karena ada demo buruh. Terpaksa saya mencari jalan alternatif. 

Alhamdulillah, Pihak Fabercastell melobi sekolah, sehingga SV Menulis diundur pukul 11. Saya lumayan lega. Tapi kelegaan saya itu tak bertahan lama, karena begitu tiba di ujung Jalan HR Muhammad, saya ragu-ragu mana jalan yang saya ambil. Tenang, pikir saya, saya sudah mencatat rute menuju lokasi di handphone. Sudah menjadi kebiasaan jika mencari alamat baru, saya akan bertanya langsung ke Mbah Peta Google. Lalu saya catat alamat lengkap dan rutenya, kadang di kertas kadang di handphone. Nah, kebetulan kali ini saya simpan di handphone

Ketika meraih hp, saya sudah mulai cemas, karena ternyata hp saya gak mau nyala. Berkali-kali saya coba, tetap gak nyala. Rupanya hp saya sudah tak bernyawa. Maka, saya semakin bingung. Waktu terus berjalan. Saya harus sampai ke lokasi tepat waktu. Dan Alhamdulillah, saya bisa tiba tepat waktu ke SMP Alfa Omega. Bagaimana caranya? Inilah tips yang ingin saya bagi. 

1. Selama ada Hp kamu tak akan tersesat
    Bukannya sombong. Tapi berkali-kali saya semacam mengandalkan hp untuk urusan mencari alamat. Jika bingung, tinggal telpon, SMS, atau chatting. Selesai. Banyak orang yang bisa dihubungi di daftar kontak untuk menanyakan ancer-ancer alamat. 

2. Bertanya pada orang yang tepat
    Nah, bagaimana jika hp sudah tidak berfungsi seperti yang saya ceritakan tadi. Maka ya, kita gunakan cara manual. Hehe. Cara yang dilakukan oleh manusia sejak berabad-abad lalu. Tapi di kota besar, kita tidak bisa sembarang bertanya ke semua orang. Sebaiknya bertanya pada penduduk asli atau security alias satpam. Kalau ada polisi ya polisi boleh lah.

3. Gunakan kata kunci
    Kok? kayak google? Begini, pengalaman saya tadi pagi, empat orang satpam yang saya tanyai gak ada yang paham. Loh? iya, karena saya juga tidak ingat dengan jelas alamat lengkapnya. Hehe. Tapi saya yakin lokasi ada di sekitaran situ. Saya tanya SMP Alfa Omega, Pak Satpam sepertinya malah tambah bingung. Akhirnya saya pakai kaya kunci "SMP Katholik". "Oh, kalau SMP Katholik ada 2. Sebelah sana dan sana." Ah lumayan, sudah mulai ada petunjuk. 

4. Andalkan ingatan
    Saat mencatat rute dari google map, saya ingat jelas bahwa sekolah ada di sebelah kiri jalan. Jadi saya ikuti petunjuk satpam yang mengarah ke sebelah kiri jalan dari gerbang masuk saya sebelumnya. Saya juga hanya mengingat alamatny ada kata "Darmo Permai", padahal ada "Darmo Permai Utara" ada "Darmo Permain Selatan". Sedikit mengingat tak masalah yang jelas gak jauh-jauh dari situ.

5. Padukan feeling
    Gak harus punya indera keenam. Padukan ingatanmu yang agak samar-samar itu dengan feeling. Ikuti saja sesuai kata hatimu. Ciyee... Saya memadukan feeling dan ingatan sebelum akhirnya menemukan lokasi yang ternyata mojok di dalam gang.  

Saya tiba di SMP Alfa Omega pukul 11 kurang dikit. Saya merasa lega meski keringat bercucuran. Yah, sedikit perjuangan tapi membuahkan hasil gak sampai membuat saya jadi penunggu jalan seharian. Hihihi. 

Silakan dicoba tips yang saya berikan. Tapi syaratnya, sebelumnya harus sudah buka google map dan membaca rutenya. Kalau itu gak dilakukan? ya wassalam, sejak mulai berangkat sudah kesasar. Apakah ada yang lebih kuat dari tips itu? Ada. rute dan alamat serta nama jalannya tidak hanya dicatat di handphone tapi juga di kertas, kertasnya masukin jok sepeda motor, dicatat juga di pergelangan tangan, di kaos kaki, kalau perlu bikin peta di telapak tangan. Perjuanganmu hanya bagaimana agar gak kehapus oleh keringat dan gesekan dengan stir motor. (@RafifAmir)



loading...

Silakan masukkan alamat email untuk menerima postingan dari blog ini secara rutin.

0 Response to "5 Tips Saat Tersesat di Jalan"