7 Cara Mengobati Sakit Kepala

Tidak ada yang merasa nyaman dengan sakit kepala. Meski hanya terasa pusing-pusing sedikit, itu sudah cukup mengganggu. Semangat beraktivitas akhirnya kendor. Pada kasus sakit kepala yang lumayan berat, terkadang disertai rasa nyut-nyut sehingga membuat berdiri pun terasa susah.

sumber gambar: www.cantikitu.com
Penyebabnya banyak. Tetapi biasanya, faktor utamanya adalah kecapekan. Sehabis perjalanan jauh, aktivis yang padat dalam sehari semalam, atau beban pikiran tak berkesudahan. Jangan salah lho, berpikir keras itu juga banyak menguras energi kita.

Berdasarkan pengalaman saya dan beberapa teman yang kemudian coba saya terapkan, ini dia beberapa cara ampuh untuk mengobati sakit kepala.

1. Memijat kepala sebelah kiri dan kanan dengan ujung-ujung jari
    Berikan tekanan secukupnya, sambil diputar-putar. Untuk kepala yang cenat-cenut, cara ini bisa mengurangi rasa nyut-nyut tadi. Bagus lagi, kalau ditambahi sedikit balsem saat memijat.

2. Mengikat kepala ala pendekar
    Ini resep dari orang-orang lama. Bisa ditambahi juga dengan koyo di kanan dan kiri. Lalu ambil kain apa saja dna ikatkan melingkar di kepala, layaknya pendekar-pendekar di film laga atau juga seperti sorban wak kaji. Mengikatnya usahakan agak kenceng, karena ini bukan buat gaya-gayaan, tapi biar sakit kepalamu segera sembuh.

3. Menarik-narik rambut
    Tips ini saya peroleh dari seorang teman asal Bandung. Mintalah bantuan teman, sahabat, anak, atau istri untuk "menjambak" rambutmu. Hah? iya, tapi gak seperti menjambaknya orang yang lagi marah tentu saja. Bisa diukur sendiri seberapa kuat jambakannya. Bisa hanya menggunakan satu jari telunjuk. Jari itu kemudian memelintir beberapa helai rambut dan ditarik dengan kekuatan yang cukup. Santai saja, jangan sampai rambutnya rontok semua. Cara ini cukup ampuh ketika saya terapkan. Selain itu, tips ini bisa digunakan kalau ingin segera bisa tidur lelap. Akan ada muncul perasaan nyaman, rileks, dan pelan-pelan mata akan terpejam.

4. Tidur dan makan secukupnya
    Seperti yang saya sampaikan di awal, penyebab utama sakit kepala karena kecapekan, kelelahan. Karena aktivitas yang padat, waktu untuk tidur pun sangat sedikit. Maka tidurlah secukupnya, jangan lupa perut diisi dulu dengan asupan yang bergizi. Beberapa kali ketika sakit kepala, saya hanya tidur 30 menit-1 jam, dan setelah itu sakit kepala tiba-tiba hilang, badanpun kembali segar.

5. Minum yang banyak
    Minum air hangat lebih bagus lagi. Sakit kepala juga bisa disebabkan flu berat yang kita derita. Pada kondisi demikian, saya minum air hangat sebanyak mungkin dan pernapasan pun akan terasa lega kembali, pusing di kepala semakin berkurang.

6. Lakukan sesuatu yang menyenangkan
    Seorang teman, mengaku sakit kepala, tapi begitu diajak jalan-jalan ia menurut saja. Dan ketika di perjalanan, tiba-tiba sakitnya kepalanya sudah hilang. Yah, stress atau beban pikiran memang bisa membuat kepala kita berat dan sakit. Oleh karena itu, biarkanlah diri kita melakukan hal-hal yang menyenangkan. Makan makanan favorit misalnya, pergi berlibur dan jalan-jalan, nonton film, atau mendengar musik dan bernyanyi.

7.  Berobat
     Kalau yang satu ini sih gak usah dikasih tahu. Hehe. Tapi ada lho sebagian orang yang takut sama obat, anti obat, atau alergi obat. Meski istri saya seorang dokter dan selalu ditawari obat saat sakit kepala, saya selalu menggunakan cara ini sebagai alternatif terakhir, saat kepepet dan sakit kepala semakin mengganggu sehingga menghalangi aktivitas yang sifatnya urgent. Dan memang 1-2 jam, sakit kepala langsung hilang. Bisa juga dengan menggunakan obat-obat herbal, meski saya tidak menyarankan jika sakitmu sudah benar-benar tak terhankan. Proses penyembuhan obat herbal lebih lama dari obat biasa. Memang sih, sebaiknya digunakan untuk mencegah agar tubuh tetap fit.

Kamu punya tips lain? Silakan sharing di sini. Asal jangan berikan tips-tips yang resikonya besar dan berbahaya. Seperti, membentur-benturkan kepala ke tembok. Karena saya pernah melihat ada orang yang berbuat demikian.

Terakhir, saya doakan semoga sakit kepalamu cepat sembuh :-) (@RafifAmir)



 
loading...

Silakan masukkan alamat email untuk menerima postingan dari blog ini secara rutin.

0 Response to "7 Cara Mengobati Sakit Kepala"