Antara Nyaman, Cepat, dan Murah, Pilih Mana?

Tiga hal yang paling diinginkan manusia di abad ini: Kenyamanan, Kecepatan, dan Harga yang Kompetitif. Inilah sekaligus jawaban mengapa transportasi berbasis online banyak digandrungi dan laris manis. Mereka menjanjikan kenyamanan, karena konsumen tak perlu capek-capek berjalan mencari transportasi yang diinginkan. Cukup duduk di tempat, dan pengemudi akan datang menjemput di lokasi. Mereka menjanjikan kecepatan, dengan tak perlu lama menunggu hingga berjam-jam. Cukup sekali sentuh aplikasi di gadget, dalam beberapa menit, kendaraan yang diinginkan sudah datang. Dan terakhir, mereka menjanjikan harga yang jauh lebih murah.

Tetapi bagaimana, jikalau Anda disuruh memilih salah satu di antara ketiga hal itu? setelah saya mengamati dengan seksama, orang lebih memilih "kenyamanan" di urutan pertama. Lihat saja mereka yang menggunakan mobil pribadi di tengah kemacetan. Mereka tahu bahwa jalan yang dilalui nanti akan macet dan tahu bahwa menggunakan sepeda motor akan lebih menghemat waktu sampai ke tujuan. Tapi mereka tetap menggunakan mobil meski di dalamnya hanya berisi ia sendiri atau hanya berdua dengan istri, karena mereka bisa terhindar dari panas terik atau hujan, debu-debu yang beterbangan di jalan, dan polusi asap. Mereka pun sadar bahwa cost untuk biaya bahan bakar jauh lebih boros jika menggunakan mobil pribadi.

Contoh lain, dengan harga yang sama bahkan terkadang lebih mahal, seseorang cenderung berbelanja kebutuhan sehari-hari di minimarket waralaba yang berpendingin daripada di toko kelontong konvensional yang paling banter hanya menyediakan kipas angin bagi pengunjung. Dan tentu, masih banyak lagi contoh lainnya. Sekali lagi membuktikan bahwa "Kenyamanan" masih menduduki peringkat teratas dalam hal yang paling diinginkan oleh manusia modern.

Bagaimana dengan "Kecepatan" dan "Harga"? itu menjadi pertimbangan berikutnya. Soal harga itu sangat relatif, bergantung pada kemampuan ekonomi seseorang. Apalagi, harga begitu cepat berfluktuasi dengan banyaknya promo, diskon, hingga gratisan yang sewaktu-waktu bisa diperoleh siapapun. Sementara "Kecepatan"? inilah yang menurut sata menjadi prioritas kedua setelah "Kenyamanan". Orang terkadang rela membayar lebih mahal untuk menghemat waktu. Misal barang yang sama ditawarkan oleh dua penjual yang berbeda. Tapi salah satu penjual menawarkan pelayanan yang lebih cepat, itulah yang pasti dipilih. Saya pun tidak lagi berbelanja ke sebuah toko yang pelayanannya berbelit-belit dan lamanya minta ampun. Oleh karena itu, salah satu kunci sukses berbisnis adalah dahulukan konsumen yang memesan terlebih dahulu. Tanpa melihat siapa yang memesan dan berapa banyak pesanannya.

"Kecepatan" yang menjadi prioritas juga bisa kita lihat, transportasi pesawat terbang yang semakin banyak mendapat pelanggan baru. Dengan banyaknya jasa travel atau agen tiket, orang bisa mendapatkan harga murah untuk sekali penerbangan, bahkan bisa lebih murah dari kereta api. Jika secara kecepatan dan harga yang lebih murah, tentu secara rasional akan memilih pesawat terbang daripada kereta api. (@RafifAmirAhnaf)
loading...

Silakan masukkan alamat email untuk menerima postingan dari blog ini secara rutin.

0 Response to "Antara Nyaman, Cepat, dan Murah, Pilih Mana?"