Cara Cepat Mengedit Menu Bar pada Blogspot

Ada yang bertanya pada saya bagaimana cara membuat tampilan menu di blog www.rafifamir.com. Sebenarnya cukup mudah, tapi bikin puyeng jika tak tahu caranya. Itulah yang pernah saya alami. Mengotak-atik sana-sini namun tak kunjung berhasil, yang ada tampilan blog malah semakin semrawut.

Sebelum menggunakan cara ini, pastikan dulu template yang Anda gunakan menyediakan tampilan menu bar seperti ini.
Garis memanjang dengan background hitam itulah yang disebut menu bar. Di dalamnya ada kolom-kolom bertuliskan "Home", "About","Galeri", dll. Itulah yang kita bahas, bagaimana cara mengganti tulisan itu.

Jika pada template blog Anda sudah terdapat menu bar, pastikan lagi bahwa di "Tata Letak" pada menu blogger tidak ditemukan kolom khusus untuk mengedit menu bar. Karena pada beberapa template, untuk mengedit menu bar cukup masuk ke "Tata Letak" dan sudah langsung bisa ditambahkan atau menghapus kolom menu.

Baik, jika keduanya sudah dipastikan. Ikutilah langkah-langkah berikut.

1. Masuk ke menu "Template" pada blogger lalu pilih: Edit HTML
2. Tekan CTRL+F dan masukkan salah satu nama yang ada di menu bar. Misal, saya mengetikkan "Bookstore"

3. Edit sesuai kebutuhan. Menu-menu yang lain juga ada di sebelah atas atau di bawahnya. Sedangkan tulisan yang berwarna merah itu menunjukkan link yang dituju saat seseorang mengklik menu tersebut. Misal ketika seseorang mengklik menu "Bookstore" pada blog saya maka akan diarahkan ke alamat http://www.cahayapustaka.top , begitu seterusnya.

Selesai. Untuk membuat submenu tinggal tambahkan kode < ul >setelah menu lalu diikuti kode script sama dengan menu, diakhiri kode < li >

Demikian. Semoga bermanfaat (@RafifAmir)
loading...

Silakan masukkan alamat email untuk menerima postingan dari blog ini secara rutin.

0 Response to "Cara Cepat Mengedit Menu Bar pada Blogspot"