Game untuk Melejitkan Minat Baca Anak

Ada 60 game dalam buku ini, yang keseluruhannya bertujuan untuk meningkatkan minat anak-anak terhadap dunia literasi. Cukup menarik menurut saya, karena selama ini game-game yang ada berfokus pada aspek yang tidak berkaitan langsung dengan upaya menumbuhkan minat baca. Buku ini menjadi semacam oase yang dinantikan, khususnya bagi saya yang membina kelas menulis untuk anak-anak SD.

Dari 60 game yang disajikan, sebagian besar cukup unik baik dari ide maupun permainannya. Seperti biasa, saya akan memberi tanda khusus di bagian game-game yang paling menarik. Misalnya, game resensi, update status, satu tumbuh berkembang seribu, pembawa acara berita, gerbong kata, dan lain-lain. Game-game ini bisa membuat kelas menulis lebih hidup lagi.

Saya baru mencoba memberikan satu game yang sudah saya modifikasi sedemikian rupa yaitu gerbong kata. Saya menunjuk seorang anak untuk melanjutkan cerita yang saya tulis dengan beberapa syarat. Pertama, ia harus sudah menulis minimal satu kalimat dalam waktu kurang dari satu menit. Kedua, huruf pertama yang ia gunakan untuk menulis haruslah sama dengan huruf terakhir dari tulisan saya. Nah, anak yang saya tunjuk itu akan menulis dengan cepat apa yang ada di kepalanya. Sampai ada aba-aba "stop" dari saya. Lalu saya menunjuk seorang anak lagi untuk melanjutkan cerita temannya dengan dua syarat yang sama. Begitu seterusnya. Cukup menarik, bukan?

Dalam buku ini, setiap game dijelaskan tujuannya, waktunya, sistem permainnya apakah kelompok atau individu, usia pemainnya sehingga kita bisa memilih yang cocok untuk anak didik kita di kelas yang berbeda, tempat bermainnya di dalam atau di luar ruangan, alat dan bahan yang perlu dipersiapkan, dan aturan permainannya atau teknis permainannya. Sebenarnya tidak ada yang saklek, semua bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan, kondisi kelas, dan tujuan yang hendak dicapai.

Alat dan bahan yang digunakan relatif mudah didapat, cukup sederhana. Bahkan sebagian mungkin sudah tersedia di ruang kelas. Hanya saja untuk game yang berkelompok dan melibatkan lebih banyak anak barangkali perlu pendamping khusus agar yang memberikan game bisa lebih fokus.

Intinya, 60 game dalam buku ini layak diterapkan di kelas khususnya kelas menulis untuk mengusir kebuntuan dan kejenuhan selama proses belajar-mengajar. Meski untuk anak, beberapa game juga masih relevan diterapkan pada remaja bahkan orang dewasa sekalipun.

Book Review #68. Review Seabrek Game Perangsang Minat Baca Anak. Rofi'ie Ariniro. BukuBiru, C1, 2012. 183 halaman. Selesai baca pada 2015
loading...

Silakan masukkan alamat email untuk menerima postingan dari blog ini secara rutin.

0 Response to "Game untuk Melejitkan Minat Baca Anak"