Mantapnya Kripik Tette Plus Sambal Petis

Kripik tette adalah salah satu camilan favorit saya. Kripik yang terbuat dari singkong yang etette (bahasa Madura, artinya ditumbuk sampai gepeng) ini merupakan camilan khas Madura yang gurih, nikmat, dan mantap. Apalagi disajikan saat musim hujan seperti sekarang.

Biasanya saya menikmatinya selepas maghrib atau isya. Pertama, kripik tette yang masih mentah digoreng terlebih dahulu. Usahakan tingkat kepanasan minyak cukup, agar kripik bisa mengembang dengan sempurna. Jangan terlalu panas juga agar tidak cepat gosong.

Berikutnya, siapkan sambal petis. Bisa diulek dengan kacang goreng atau cukup petis saja yang dicampur dengan potongan cabe rawit. Pilih petis yang enak dan berkualitas. Kualitas dan rasa petis Madura juga akan sangat mempengaruhi selera Anda dalam menikmati penganan ini.

Bagaimana jika tidak suka atau tidak terbiasa dengan petis Madura? jangan khawatir, ini hanya masalah lidah saja. Kalau lidah saya sebagai orang Madura sudah sangat akrab dengan petis coklat ini, sehingga malah merasa kurang pas jika kripik tette dimakan dengan sambal lain. Tapi bagi Anda, dan beberapa pelanggan saya yang orang Jawa asli mungkin kripik tette akan terasa nikmat jika dinikmati dengan sambal terasi, misalnya, atau cukup dinikmati polosan alias tanpa sambal. Gurihnya gak akan berkurang kok, beberapa kripik tette malah dibumbui garam sehingga terasa lebih maknyus.

Bagaimana, penasaran ingin mencoba? atau bagi Anda yang sudah pernah mencoba mau mengulang lagi dengan sambal petis Madura? atau yang sudah sering alias langganan menikmati kripik tette dari Madura ini mau siap-siap nggoreng selepas baca artikel ini? (@RafifAmirAhnaf)

loading...

Silakan masukkan alamat email untuk menerima postingan dari blog ini secara rutin.

0 Response to "Mantapnya Kripik Tette Plus Sambal Petis"