Membasmi Rumput Liar dalam Semalam

Ada pemandangan berbeda di halaman rumah ketika musim hujan datang. Rumput-rumput liar tumbuh dengan sangat cepat. Selesai kita cabuti satu-persatu, hanya dalam beberapa hari tumbuh lagi. Jika tak terlalu banyak dan kita punya waktu luang mungkin tak ada masalah, tapi bagi yang halaman rumahnya cukup luas mungkin agak merepotkan untuk membersihkannya dari rumput liar.

Tak perlu cemas. Pengalaman saya barangkali bisa dicoba.

Saya membeli obat pembasmi gulma dan rumput liar di Toko Trubus. Obat yang sama juga banyak dijual di toko-toko yang menjual alat-alat dan perlengkapan pertanian. Oleh penjual, saya ditawari dua pilihan merk. Dengan harga sama tapi kecepatannya dalam membasmi rumput liar yang berbeda. Lalu saya memilih merk Gramoxone. Kata penjualnya bisa membasmi rumput dalam semalam saja.
Gramoxone

Di toko itu, sekalian saya membeli alat penyemprot yang paling sederhana. Biasanya dipakai untuk menyemprot tanaman hias atau burung peliharaan. Saya ikuti petunjuk pemakaiannya. Mulai dari jumlah takaran yang dicampur air sampai pada peringatan untuk menggunakan pelindung tubuh saat mulai menyemprot. Terlebih sebenarnya, istri juga mewanti-wanti agar mengenakan masker, sarung tangan, dan sepatu agar percikan obat tidak mengenai kulit.

Saya pun mulai menyemprot. Merata ke seluruh rumput liar yang ada. Butuh waktu sekitar 30 menit sampai obat tersemprot habis. Selesai, tinggal menunggu hasilnya.

Kurang lebih 4 jam kemudian, sudah mulai tampak perubahannya. Rumput yang semula hijau terang mulai tampak kusam. Perlahan mulai menguning. Dan dalam 12 jam, sebagian rumput yang sudah kering rebah ke tanah. Artinyaa, dalam semalam saja rumput liar sudah layu dan mati.


Tapi jika dalam waktu kurang dari 12 jam itu hujan keburu turun, mungkin obat belum bereaksi dengan sempurna dan luntur kena air. Perlu diulangi lagi. Usahakan menyemprot obat ketika panas terik agar rumput lebih cepat mati.

Meski dalam semalam rumput liar sudah menguning, biarkan dulu hingga 2 atau 3 hari hingga rumput benar-benar kering, sehingga nantinya lebih mudah dibakar.

Setelah dibakar hingga menjadi abu, selesai sudah. Rumput-rumput liar yang mengganggu pemandangan pun musnah. Gimana, mudah bukan? selamat mencoba. (@RafifAmir)
loading...

Silakan masukkan alamat email untuk menerima postingan dari blog ini secara rutin.

4 Responses to "Membasmi Rumput Liar dalam Semalam"

MOTIVATOR INDONESIA mengatakan...

Keren....
boleh dicoba buat babat rumput tetangga

faiz mengatakan...

bbener om.. tapi kandungan/bahan aktif gramoxone = paraquat, sistem kerjanya hanya membakar bagian permukaan daun/batang saja, bagi sebagian rumput keras jenis pakis2an biasanya hanya mati di bagian luar/kering, tetapi akar dan bagian dalamnya masih hidup sehingga dalam jangka waktu 1-2 pekan rumput akan kembali hijau dan bertunas lagi..

NLP JAKARTA mengatakan...

Weh ada juga cara lain

Admin Salwa mengatakan...

Keren Pak pengalamannya, jadinya pas semprot pakai masker dan sarung tangan ya?

Sebenarnya tingkat keamanan herbisida2 itu gimana ya?

Terimakasih...