4 Tahap Menulis Bebas Ala Peter Elbow

Peter Elbow dalam bukunya Writing Without Teachers mengkampanyekan menulis bebas, menulis tanpa perlu khawatir atau takut terhadap apapun. Ia mengatakan bahwa menulis yang dikekang dapat menghambat tumbuhnya ide-ide kreatif dan brilian.

Menulis bebas adalah proses sederhana untuk memperbaiki kualitas tulisan dari waktu ke waktu. Ia hanya memerlukan empat langkah mudah yang bisa dilakukan siapa saja, baik ia penulis pemula atau sama sekali belum memulai menulis. Hanya saja, keberhasilan menulis bebas akan ditentukan sejauh mana komitmen dan konsistensi Anda dalam mencoba empat tahap ini berkali-kali.

Seperti halnya metode apapun yang pernah ada, empat langkah ala Peter Elbow ini tak menjanjikan sukses hanya dalam sekali berlatih. Tidak mungkin langsung tiba-tiba behasil dalam sekali coba. Ajak beberapa teman Anda untuk berlatih bersama agar Anda tetap bersemangat.

Baiklah, jika sudah siap, inilah empat tahap menulis bebas ala Peter Elbow itu:

1. Mulai dan Terus Menulis
    Tidak ada seorang pun yang disebut menulis tanpa menulis. Maka mulailah menaklukkan kemalasan dengan menulis. Tulislah apa saja. Di lembaran kertas atau di komputer Anda. Tulislah dengan cepat selama 10 menit. Usahakan jangan berhenti sedetikpun selama 10 menit. Jika Anda kehabisan kata-kata, tak dilarang menulis kata "bingung,bingung,bingung" hingga 100 kali misalnya. Dari kata "bingung" itu bisa saja nanti berkembang menjadi "bingung karena tidak tahu harus menulis apa. Padahal saya jarang menulis apapun selama ini hanya suka bermain-main saja..." dan seterusnya. Lakukan tahap pertama ini tanpa mempedulikan apapun termasuk kalimatnya nyambung atau tidak, termasuk ejaannya benar atau tidak. Tugas Anda hanya: Terus Menulis dan Jangan Berhenti Sebelum 10 Menit.

2. Perbaiki Kekacauan dan Disorientasi
    Jika tahap 1 sudah Anda coba berkali-kali. Mulailah berpikir jenis tulisan apa yang ingin ditulis. Bisa artikel, cerpen, esai, feature, dan lain-lain. Pilihlah salah satu, dan mulai menulis seperti tahap 1. Setelah selesai menulis, mungkin Anda akan menemukan sejumlah kekacauan dan disorientasi. Misalnya, Anda ingin menulis artikel tapi kok jadi tulisan setengah artikel setengah cerpen. Atau Anda ingin menulis suatu tema tapi tiba-tiba bermunculan tema-tema lain saat menulis, sehingga tulisan Anda gak fokus. Tak perlu galau, pada tahap ini yang perlu Anda lakukan adalah: Memilih dan Memilah tema-tema yang sejenis dan Memisahkan cerpen dari atikel, esai dari berita, dan yang semacamnya.

3. Memunculkan Titik Tumpu
    Mengapa pada tahap kedua, Anda tidak diperintahkan untuk menghapus bagian tulisan yang tidak penting? Mengapa harus dipilah dulu? Jawabannya ada pada tahap ketiga ini. Kembali fokuskan pada tulisan apa yang hendak Anda buat, fokus pada satu tema. Tulisan-tulisan yang tidak sesuai dengan tema yang dipilih tadi masih bisa Anda pergunakan untuk memperkaya tulisan Anda. Misalnya, tema Anda adalah artikel tentang buku tapi ada bagian tulisan yang membahas tentang makanan. Anda bisa coba sambungkan keduanya dengan mengulas bahwa "berbagai jenis makanan yang menggoda selera membuat orang semakin jauh dari keinginan untuk membeli buku". Begitu. Pada tahap ini tugas Anda adalah: Menentukan Tema dan buat jejaring bahasan yang bisa disambungkan dengan tema.

Baca Juga : (Pe)Nulis, Profesi atau Hobi? 


4. Menyunting
    Tahap terakhir adalah menyunting. Meski terakhir tahap ini penting. Bahkan saking pentingnya, seringkali Anda tergoda melakukan tahap ini ketika sedang berada di tahap pertama. Menyunting dalam menulis bebas "haram" hukumnya dikerjakan pada saat menulis. Jika ini dilakukan, tulisan Anda kurang bertumbuh, eksplorasi ide menjadi terhambat. Proses menyunting ada di tahap terakhir, karena inilah kesempatan bagi Anda untuk membaca ulang tulisan yang telah coba diselesaikan. Inilah kesempatan untuk memangkas hal-hal yang tidak penting pada tulisan, memperbaiki tanda baca, kesalahan-kesalahan ejaan, memperjelas kalimat-kalimat ambigu.


Lakukan terus empat langkah ini dalam proses berlatih sesuai urutan. Jangan tergoda untuk melakukan empat langkah sekaligus dalam satu waktu meskipun Anda yakin punya kemampuan untuk itu. Kecuali jika Anda sudah tak memerlukan latihan ini lagi. Anda bisa menulis dengan cepat, fokus, sesuai EYD sekaligus enak dibaca.(@RafifAmir)

loading...

Silakan masukkan alamat email untuk menerima postingan dari blog ini secara rutin.

0 Response to "4 Tahap Menulis Bebas Ala Peter Elbow"