40 Hari Mencari Ilmu

Ilmu tanpa agama lumpuh, agama tanpa ilmu buta (Albert Einstein)
Itulah salah satu kutipan dari sekian banyak kutipan yang disajikan dalam buku ini. Smart Book, 40 Hari Mencari Ilmu ini semacam percik-percik cahaya yang disuguhkan oleh penulisnya, Hernowo, untuk memotivasi pembaca agar menggebu-gebu untuk terus menyerap sebanyak mungkin ilmu.

Hanya saja saya tidak sepaham dengan pendapat penulis bahwa "mustahillah ilmu mengantarkan seseorang untuk melakukan kejahatan" (Hal. 17). Selain seakan-akan bertentangan dengan quote dari Einsten tadi, pada kenyataannya telah kita lihat dengan mata telanjang banyak sekali dari penjahat kelas "elit" justru dari kalangan berilmu. Beberapa kali pun kita ketahui mereka yang menistakan agama, menyelewengkan ayat-ayatNya, hingga menyakiti umat Islam dengan kata-kata adalah mereka yang dikenal sebagai ulama. Ulama artinya orang yang 'alim, yang berilmu.

Pada lembar-lembar berikutnya dari buku ini, kutipan-kutipan dari para tokoh dunia tentang ilmu diulas dan disajikan sekilas. Sebut saja misalkan Thomas Amstrong, Peter Kline, Glenn Doman, Bobbi DePorter, dll. Disediakan juga lembar khusus bagi pembaca untuk menuliskan ide atau kata-kata apa yang terpikirkan setelah membaca beberapa halaman. Hernowo menyebut aktivitas itu sebagai "Mengikat Makna".

Mengikat makna menurut Hernowo adalah "alat" yang dapat membantu seseorang untuk mengonstruksi pengetahuan. Ia menjadikan belajar menjadi lebih efektif dan bermakna. Saya sepakat, menulis menjadikan ilmu yang kita peroleh dari sumber bacaan atau pengalaman menjadi kian melekat. Ia akan terus tumbuh dalam pikiran.

Jadi ketika berbicara tentang ilmu, aktivas baca-tulis telah menjadi bagian yang tak terpisahkan. Buku yang dibaca menjadi nutrisi yang penting bagi akal untuk dicerna,dikunyah, dan diolah, untuk kemudian dihidangkan kembali dalam bentuk tulisan. Ia tumbuh dan berkembang menjadi sebuah ilmu baru atau pengetahuan lama dengan sajian yang lebih renyah, atau sesuatu yang memang belum terpikirkan sebelumnya.

Book Review #71. Review 40 Hari Mencari Ilmu. Hernowo, C1, 2004. 96 halaman. Selesai baca pada 19 April 2016
loading...

Silakan masukkan alamat email untuk menerima postingan dari blog ini secara rutin.

0 Response to "40 Hari Mencari Ilmu"