Buah Langka yang Digemari Putri-Putri Raja

Tidak sengaja melihat buah yang berkulit coklat ini sewaktu ada acara di pendopo kabupaten Lumajang. Buah yang sangat menarik perhatian saya. Awalnya saya kira buah sawo karena memang bentuknya mirip sekali, ukuran dan warnanya pun tak jauh beda. Tapi yang membuat saya heran, buah-buah itu bergelantungan di batang pohon, padahal tidak demikian dengan buah sawo yang sering saya lihat.

Lalu coba saya amati dan tanya sana-sini. Tenyata itu adalah pohon kepel, bukan sawo. Buah kepel memang terbilang cukup langka. Dulunya memang sengaja dipelihara di sekitar lingkungan kraton. Buah ini adalah salah satu buah yang digemari oleh putri-putri raja di tanah Jawa, khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Konon, hanya dapat tumbuh di ketinggian kurang lebih 600 m di atas permukaan laut.

Buah kepel disebut juga burahol, dipercaya dapat menghilangkan bau badan tak sedap dan air seni yang pesing. Selain itu juga bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti asam urat dan ginjal. Oleh putri-putri kraton, buah kepel juga digunakan sebagai obat KB alami, karena diyakini bahwa dengan mengonsumsi buah yang bijinya mirip kenitu ini dapat menurunkan kesuburan hingga kemandulan.


Saya masih takjub di bawah pohon yang cukup tinggi dan batangnya dipenuhi buah coklat itu. Atas izin petugas keamanan, saya mencoba mencicipi buah yang unik dan langka ini. Saya pikir mungkin rasanya mirip sawo, karena dari bentuknya saja sudah sangat mirip. Ternyata sama sekali berbeda. Dagingnya berwarna coklat muda agak kekuningan. Menurut saya, rasanya mirip dodol. Entahlah, atau mungkin lidah saya yang kurang peka.

Buah kepel yang sudah matang biasanya agak lembek jika ditekan. Untuk dibawa pulang, saya mengambil satu yang masih mentah. Hanya dalam waktu sehari semalam, buahnya sudah lembek. Sudah matang, pikir saya. Tapi begitu saya kunyah, rasanya sepat sekali.

Saya penasaran, kira-kira kalau bijinya ditanam di daerah seperti Sidoarjo bisa tumbuh gak ya? (@RafifAmir)
Baca Juga: Penyebab Sariawan yang Jarang Diketahui
loading...

Silakan masukkan alamat email untuk menerima postingan dari blog ini secara rutin.

0 Response to "Buah Langka yang Digemari Putri-Putri Raja"