Cara Menikah di Usia Muda

Seorang teman bertanya pada saya, bagaimana caranya agar berani menikah di usia muda, meski masih belum memiliki penghasilan tetap atau bahkan masih pengangguran?

Mungkin dia melihat saya yang menikah ketika masih berusia 22 tahun. Saat itu saya menyandang status sebagai mahasiswa, skripsi belum selesai. Tapi memang, Alhamdulillah, saat itu sudah bekerja sebagai karyawan di sebuah perusahaan. Namun penghasilan juga belum seberapa. Jauh dari kriteria "mapan" seperti yang banyak diidamkan oleh para calon mertua. Bahkan tak berapa lama kemudian saya memutuskan berhenti dan memilih berwirausaha.

Saya menjawab pertanyaan teman saya itu dengan satu jawaban ringkas: keyakinan, bahwa Allah yang Maha Kaya akan selalu memberikan jalan keluar ketika kita melangkah di jalan kebaikan.

Itulah jawaban saya. Menikah, kita meyakininya adalah ibadah. Dan tidak mungkin Allah akan menyia-nyiakan hamba yang sungguh-sungguh dalam beribadah kepadanya. Yakin tentang segala-galanya. Yakin bahwa pertolongan Allah sangat dekat.

Maka yang pertama harus kita perbaiki adalah niat untuk menikah. Luruskan niat hanya karena Allah. Tidak karena selainnya. Bab niat ini menjadi sangat krusial dan fundamental. Karena inilah syarat pertama agar pahala-pahala mengucur dan keberkahan mengaliri hidup kita.

Lalu yang kedua, mantapkan hati, teguhkan azzam. Jika kita memiliki azzam yang kuat, maka semua rintangan akan terasa kecil. Orangtua bisa diyakinkan dengan baik-baik, mahar bisa diusahakan. Dan semua persiapan akan Allah mudahkan.

Tetapi yang seringkali membuat kita surut ke belakang adalah melemahnya azzam dan keyakinan bahwa rintangan-rintangan itu sulit ditaklukkan. Padahal tidak ada yang sulit jika kita mau berusaha sungguh-sungguh.




Untuk tips-tipsnya, silakan baca artikel saya di bawah ini. Sengaja saya susun berdasarkan pengalaman pribadi agar menikah dini tidak lagi menjadi sesuatu yang menakutkan. (@RafifAmir)


Baca Juga: 7 Jurus Nikah  Muda

loading...

Silakan masukkan alamat email untuk menerima postingan dari blog ini secara rutin.

0 Response to "Cara Menikah di Usia Muda"