Dua Pilihan Setelah Kegagalan

Anda pernah gagal? bisnis Anda bangkrut? atau tulisan Anda tidak ada yang diterbitkan? Anda akan dihadapkan pada dua pilihan: terus berbisnis, terus menulis atau berhenti lalu tinggalkan.

Anda boleh memilih salah satunya dan pilihan itu akan menciptakan masa depan yang berbeda dengan pilihan yang lainnya. Jika Anda gagal, kemudian berusaha bangkit maka itulah sebenarnya sebaik-baik jalan. Anda telah meraih satu kesuksesan. Jika Anda berhenti maka Anda telah menempuh satu jalan kegagalan.

Mengapa? Karena kegagalan seharusnya mendidik Anda. Ia mengandung ilmu yang mahal jika Anda mau belajar dan menggali saripati hikmah yang terkandung di dalamnya. Anda ambil saripati itu dan jadikan sebagai bekal menuju perjuangan berikutnya.

Tetapi jika Anda memilih berhenti, Anda akan memulai dari awal. Anda akan belajar dari awal tentang sesuatu yang mungkin belum Anda ketahui. Anda mengubah haluan, tetapi Anda tidak sadar bahwa haluan yang Anda ambil pun berpeluang gagal. Selalu ada peluang gagal dalam setiap pilihan yang kita putuskan. Kemudian Anda akan berhenti lagi, melompat ke haluan yang lain. Maka hidup Anda akan dihabiskan dengan mencoba-coba sampai Anda kaya dengan pengalaman, tapi minim hasil.

Tekunilah satu saja jika Anda benar-benar telah memutuskannya sebelum mempertimbangkan dengan sangat matang. Lalu hadapilah setiap kegagalan dengan mendulang saripati ilmunya. Terus berjalan, seolah Anda sedang menaiki tangga. Jika Anda turun dua anak tangga, Anda akan bisa naik lebih dari dua anak tangga. Sehingga kegagalan bukan membuat Anda mundur ke belakang tetapi seperti kuda-kuda yang siap melejitkan Anda berlari ke depan.

Satu lagi, jika Anda tidak merasakan gagal sama sekali Anda tidak akan merasakan nikmatnya kesuksesan. Semakin banyak Anda gagal dan belajar, semakin nikmat saat Anda merasakan impian dan cita-cita Anda tercapai.

Baca Juga: Masa Kecil Menentukan Masa Depan


Jadi, tidak ada yang perlu ditakuti dengan kegagalan. Hadapilah dengan tenang, dan terus melangkah dengan perbaikan-perbaikan. Semua penemu-penemu terbaik pernah gagal namun keyakinan mereka membuat mereka tak pernah menyerah. Mereka terus berusaha, sampai berhasil atau mereka lebih dulu dipanggil ke alam baka.
kegagalan awal kesuksesan
Apakah kegagalan berarti membuang-buang waktu? Tidak! sama sekali tidak. Membuang-buang waktu adalah ketika Anda tidak melakukan apa-apa. Percayalah, semangat, tekad, dan keyakinan yang Anda miliki pada akhirnya akan mengantarkan Anda pada impian. Coba lihatlah bagaimana tokoh-tokoh besar melakukannya. Terkadang mereka membutuhkan waktu puluhan tahun untuk mencapai puncak, terkadang mereka pun tak lama menikmati jerih payahnya, tetapi mereka telah memberi banyak kemanfaatan bagi banyak orang. Karya dan kisahnya menginspirasi orang lain untuk tak kenal lelah, berjuang untuk keabadian. (@RafifAmir)
loading...

Silakan masukkan alamat email untuk menerima postingan dari blog ini secara rutin.

0 Response to "Dua Pilihan Setelah Kegagalan"