Kisah Beatrix Potter, Penulis Buku Anak Terlaris Sepanjang Masa

Ada sesuatu yang lezat, kata Beatrix Potter dalam pembuka film Miss Potter yang diperankan Renee Zellweger, saat menuliskan kata pertama dari sebuah cerita, kau tidak akan pernah tahu kemana kata itu akan membawamu.

Dan kata pertama itu membawa Beatrix ke puncak karirnya, sebagai penulis buku anak terlaris sepanjang masa. Kata pertama itu pula yang membawanya pada perjalanan hidup 47 tahun tanpa pasangan, sebelum akhirnya memutuskan menikah dengan William Heelis, teman masa kecilnya.

Passion, mungkin kata itu yang lebih tepat untuk menggambarkan kegemaran Beatrix kecil dengan lukisan-lukisannya serta cerita-cerita yang mengalir dari gambar-gambar yang seakan tampak hidup itu. Kemanapun pergi, selalu yang ia bawa: kertas, pensil, dan cat warna.keasyikannya menggambar telah meniadakan hal yang lazim pada ana seusianya: bermain. kebiasaan yang sangat ditentang oleh kedua orang tuanya, terutama ibunya, Hellen.

Namun itu tak membuat Beatrix berhenti, justru semangatnya untuk menggambar dan menghasilkan lebih banyak cerita semakin besar. Hingga di usia 36 tahun, ia membuktikan ketekunan dan kerja kerasnya dengan lahirnya The Tale of Peter Rabbit, buku pertama yang langsung laris manis di pasaran.
Berturut-turut buku yang lain pun terbit, menyusul lamaran Norman Warne, sang penerbit buku-bukunya, maka lengkaplah kebahagiannya. Namun itu tak berlangsung lama, kedua orang tuanya tidak setuju. Mereka mencari cara agar Beatrix melupakan Mr.Warne, dan diajaklah Beatrix berjalan-jalan ke tempat dulu ia pernah menghabiskan sebagian masa kecil: Perkebunan Top Hill.
Tak berapa lama, kabar kematian Norman Warne memupus habis rasa bahagianya. Ia sangat terpukul, sehingga berpengaruh juga pada kreativitasnya yang menumpul.

Saat berjalan santai dan menghirup udara segar di perkebunan ia bertemu dengan William Heelis. Dan itulah mula happy ending yang sedang Tuhan rencanakan untuk Beatrix Potter. 

Dan tahukah kamu seberapa banyak harta yang berhasil Beatrix kumpulkan dari menulis dan menggambar cerita? sangat cukup untuk membeli 4000 hektar tanah peternakan di Inggris yang kemudian ia donasikan seluruhnya untuk rakyat Inggris.

Baca Juga: Tagore, Cinta, dan Karya
Jika saja seluruh manusia mengikuti passion-nya seperti Beatrix Potter, mungkin tidak akan ada yang tidak bahagia. Tidak akan ada yang mengeluh dan bersedih karena pekerjaan. Karena passion menggerakkan dengan cinta. Ia semacam gelombang raksasa yang bermula dari buih kecil dan putih. Potensi dasar yang kita miliki bahkan sejak masih dalam buaian.

Dan potensi itu harus terus digerakkan. Seperti Beatrix kecil yang selalu menghidupkan tokoh-tokoh ceritanya bahkan jauh melampaui dunia imajinasi, membawanya ke tempat ia bermukim; dunia nyata.

Menuruti passion memang memiliki resiko seperti halnya Beatrix yang dicibir bahkan oleh tuanya sendiri. Tetapi lihat, Beatrix membuktikan pekerjaan yang ditekuni karena cinta, tidak hanya mendatangkan kebahagiaan untuk diri sendiri, tidak hanya materi, ia menghidupi dan menyelamatkan rakyat Inggris dari hasil kerja kerasnya selama 47 tahun. Ya, 47 tahun. Dan Betarix menyadari sepenuhnya bahwa ia sengaja dilahirkan untuk menjadi penulis cerita anak yang ulung. (@RafifAmir)




loading...

Silakan masukkan alamat email untuk menerima postingan dari blog ini secara rutin.

0 Response to "Kisah Beatrix Potter, Penulis Buku Anak Terlaris Sepanjang Masa "