Manfaat Tersembunyi Bermain Futsal

Di kota-kota besar, lapangan futsal menjamur dimana-mana. Olahraga ini digemari tidak hanya anak-anak dan remaja, orang dewasa pun banyak yang mengisi waktunya dengan bermain futsal. Berbeda dengan sepak bola yang harus menggunakan lapangan yang cukup luas dengan pemain yang berjumlah 22 orang, futsal hanya memerlukan 10 orang saja. Setiap tim beranggotakan 5 pemain. Durasi waktunya pun tidak sepanjang olahraga sepak bola.

Karena itulah banyak yang menjadikan bermain futsal sebagai olah raga favorit mereka. Alasannya cukup sederhana, untuk menjaga kebugaran.

Saya sendiri sejak masih menjadi mahasiswa sudah rutin bermain futsal. Tapi kemudian bertahun-tahun tidak lagi latihan. Sampai kurang lebih seminggu yang lalu, saya mencoba memulai lagi. Bersama teman-teman mahasiswa, saya mencoba menjajal kembali kemampuan saya memainkan bola. Tak terlalu mengecewakan, 5 gol bersarang di gawang lawan dalam satu kali pertandingan.

Sebenarnya banyak manfaat yang saya rasakan secara langsung dengan bermain futsal. Kebugaran tentu saja. Meski seringkali bermain di malam hari hingga pukul 12 malam, saya merasa sangat segar untuk kembali beraktivitas keesokan harinya. Keringat yang mengucur deras seakan ikut menumpahkan racun dan penyakit dari dalam tubuh. Inilah salah satu yang membuat saya bersemangat bermain futsal.

Tapi selain itu, ada lagi manfaat tersembunyi dari permainan ini. Setidaknya tiga hal yang menurut saya cukup membantu meningkatkan kualitas kita sebagai makhluk sosial.

Pertama, memperbanyak teman dan menambah keakraban. Bagi yang belum kenal, dengan bermain futsal akan mudah mengenal satu sama lain. Ketika permainan tengah berlangsung, para pemain seringkali memanggil nama angota timnya untuk mengoper bola. Dari situlah kita mudah mengingat nama-nama mereka. Bagi yang sudah kenal, maka bermain futsal bisa menambah keakraban. Ketika masih mahasiswa dulu, awalnya saya banyak yang tidak kenal dengan pemain lainnya. Tapi hanya berselang beberapa kali latihan, kami sudah menjadi akrab, baik di lapangan maupun di luar lapangan.

Kedua, mengetahui karakter teman kita. Bermain futsal menjadikan kita tahu karakter teman kita. Ada mungkin yang cukup egois. Jarang sekali mengoper bola. Selalu ingin meng-gol-an sendiri meski ia tahu peluangnya kecil. Tapi ada juga yang bisa bekerjasama dengan baik dengan anggota tim lainnya.

Ketiga, Saling tolong-menolong dan memafkan. Jika ada yang terjatuh saat permainan berlangsung, teman lainnya akan membantunya berdiri bahkan jika ada cedera ringan, tak segan untuk membantu menyembuhkannya. Yang tidak sengaja menjatuhkan akan meminta maaf dan yang terjatuh akan memaafkan pula sambil tersenyum.

Mungkin masih banyak manfaat tersembunyi lainnya, kalau kita mau mengamati berdasarkan pengalaman kita sendiri saat bermain futsal. (@RafifAmir)
loading...

Silakan masukkan alamat email untuk menerima postingan dari blog ini secara rutin.

0 Response to "Manfaat Tersembunyi Bermain Futsal"