Panduan Keren dan Menarik Berlatih Menulis untuk Anak

Anda punya kelas menulis untuk anak? Punya anak yang ingin bisa nulis cerita? Buku ini bisa menjadi salah satu panduan yang keren dan menarik.

Dalam bab pertama diulas mulai motivasi dan manfaat membaca buku, selanjutnya mengenal jenis-jenis tulisan, bagaimana menulis buku harian, resensi, cerita, higgga puisi, bagaimana menyunting, mengirim tulisan ke media dan tips-tips yang asyik dan mudah dilakukan.

Buku full colour dilengkapi banyak gambar, font tulisan juga sesuai untuk kalangan pembaca anak-anak. Pokoknya menarik dan seruh deh.

Buku ini tidak hanya sekadar menyajikan teori dan motivasi yang renyah dan mudah dipahami, tetapi juga menyediakan space khusus untuk langsung praktek. Praktek menulis akan sangat mudah dikerjakan karena sudah dilengkapi dengan contoh-contoh yang jelas. Misalnya ketika membahas buku harian, sudah dijelaskan buku harian itu seperti apa dan bagaimana contoh isinya. Ketika membahas menulis resensi, bahkan dituntun per paragraf; paragraf pertama apa yang ditulis, kemudian paragraf kedua, dan seterusnya. Pada bab menulis cerita pun demikian. Unsur-unsur intrinsik seperti tema, tokoh, setting, alur, sudut pandang dijelaskan secara gamblang dengan contoh-contoh sederhana.

Tak ketinggalan juga pokok-pokok yang penting dalam menyunting. Meski tulisan anak biasanya sulit untuk benar-benar sempurna dalam urusan EYD, setidaknya bagaimana berbahasa yang benar dan bagaimana memperbaiki tanda baca sekilas diulas dalam buku ini.

Hanya saja menurut saya, buku ini akan semakin lengkap seandainya memuat daftar-daftar penerbit/media cetak yang menerima naskah penulis anak-anak. Di buku ini hanya disebutkan 1 majalah saja. Tipsnya juga kurang banyak dan motivasi di akhir belum sangat perlu agar anak-anak setelah mengkhatamkan buku ini berseru, "Aku mau jadi penulis!"

Book Review #74. Review Aku Mau Jadi Penulis. Askalin, C1, 2013. 106 halaman. Selesai baca pada April 2016
loading...

Silakan masukkan alamat email untuk menerima postingan dari blog ini secara rutin.

0 Response to "Panduan Keren dan Menarik Berlatih Menulis untuk Anak "