Penyebab Sariawan yang Jarang Diketahui


Sariawan atau stomatitis adalah bentuk peradangan pada mulut yang tidak spesifik. Sariawan dapat mengurangi kualitas hidup seseorang. Terutama mengganggu saat makan, berbicara, bahkan tidur. Sariawan dapat terjadi dimanapun di dalam mulut. Bisa di pipi, gusi, lidah, bibir, atau langit-langit mulut. Bagi saya, sariawan di gusi yang paling mengganggu. Selain kesulitan saat gosok gigi, juga memberi efek kurang nyaman pada gigi.  


Banyak orang beranggapan bahwa timbulnya sariawan adalah karena tubuh kekurangan vitamin C. Yang benar adalah kekurangan vitamin B12 dan zat besi. Namun, anggapan banyak orang itu pun tidak sepenuhnya salah. Karena vitamin C juga berfungsi membantu penyerapan zat besi dan anti oksidan. Selain itu vitamin C juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga secara tidak langsung juga dapat mempengaruhi tingkat kesembuhan dari sariawan.

Saya dan mungkin Anda pun sudah sering mencoba untuk mengonsumsi vitamin C yang banyak saat menderita sariawan. Bahkan saya mengonsumsi vitamin C berdosis 1000 mg setiap hari tapi sariawan tak kunjung sembuh juga. Mungkin caranya harus diimbangi juga dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang banyak mengandung vitamin B12 seperti daging, susu, ikan, dan unggas. Vitamin B12 juga banyak dijual di apotek-apotek terdekat dalam bentuk kapsul. 


Awalnya, sariawan muncul karena beberapa sebab. Yang banyak diketahui adalah luka di daerah mulut akibat tergigit, benturan saat gosok gigi, dan penggunaan gigi palsu atau kawat gigi. Tapi sariawan juga bisa terjadi karena faktor-faktor lain seperti makanan atau minuman yang terlalu panas. Nah, ini terbukti sebab beberapa hari lalu saya rutin minum air hangat dan kemudian sariawan, padahal sebelumnya tidak luka sedikit pun. Stres juga bisa menjadi pemicu sariawan. Tapi bukan berarti semua orang yang kena sariawan itu stres lho.

Ketika menderita sariawan sebaiknya hindari hal-hal berikut ini: makan makanan panas, asin, pedas dan asam. Makanan tersebut menyebabkan sariawan semakin parah. Nah lho, padahal sebagian orang meyakini makanan pedas dan asam bisa mempercepat sembuhnya sariawan. Termasuk saya juga. Hehe.


Untuk penyembuhan, sebenarnya sariawan bisa sembuh sendiri maksimal 2 minggu, tanpa obat apapun. Tapi mungkin kadang cukup mengganggu aktivitas, apalagi yang tiap hari kerjaannya banyak berbicara di depan umum. Tak perlu khawatir, sudah banyak tersedia obat sariawan seperti albothyl yang terbukti tokcer untuk menyembuhkan sariawan dengan cepat. Tapi mungkin terasa sangat perih kalau dioleskan langsung. Alternatifnya diteteskan ke air lalu dibuat kumur-kumur. Saya sudah mencobanya dan memang manjur. (@RafifAmir)



loading...

Silakan masukkan alamat email untuk menerima postingan dari blog ini secara rutin.

0 Response to "Penyebab Sariawan yang Jarang Diketahui"