Usaha Lancar, Emas Lantakan pun di Tangan

Setidaknya, ada dua cara yang saya lakukan ketika membuka usaha baru: pertama, langsung membelanjakan modal untuk membeli barang yang akan dijual kembali; kedua, menghabiskan uang untuk membeli emas lantakan lalu menggadaikannya di hari yang sama.

Mengapa digadaikan? inilah yang akan saya ceritakan. Cara kedua ini menurut saya terbukti lebih menguntungkan. Selain mendapatkan uang buat modal usaha, saya juga mendapat emas lantakan. Menarik, bukan?

Caranya sangat sederhana dan gampang. Modal yang saya kantongi untuk membuka usaha saya habiskan seluruhnya untuk membeli emas lantakan. Kira-kira 5 juta saat itu bisa mendapatkan sekitar 11 gr emas. Setelah dari toko emas dan memastikan kelengkapan suratnya, saya langsung bergegas ke BSM (Bank Syariah Mandiri). Tujuannya adalah menggadaikan emas yang baru saja saya beli. Kalau Anda kesulitan menjangkau BSM di tempat Anda berada, bisa juga ke Pegadaian Syariah atau ke bank-bank lain yang aman dan terpercaya.

Kebetulan di BSM memang ada fasilitas gadai emas. Prosesnya cepat dan mudah. Saya tinggal menghubungi customer service, lalu dijelaskan tentang akad gadai dan biaya-biaya yang menyertainya. Setelah itu akan diarahkan untuk bertemu dengan petugas khusus yang menangani urusan gadai ini.

Setelah disetujui dan tandatangan di atas materai, emas lantakan akan disimpan oleh bank dalam safe deposit box dan uang otomatis masuk dalam tabungan kita (jika punya rekening BSM). Memang nilainya akan lebih sedikit dari uang yang kita keluarkan saat membeli.

Setelah menerima uang, saya gunakan semuanya untuk modal usaha. Dengan izin Allah, usaha pun mulai jalan. Setiap bulan, saya menyisihkan sebagian laba usaha untuk ditabung karena dalam satu tahun emas lantakan harus sudah ditebus. Namanya gadai pasti ada tambahan untuk biaya pemeliharaan dan lain-lain. Nah, untuk menebusnya inilah diperlukan kerja keras kita agar usaha kita bisa berjalan maksimal. Ada tantangan, ada tanggungan, sehingga usaha yang lebih keras akan dilakukan. Karena jika tidak, sayang sekali emas Anda akan melayang begitu saja.
Baca Juga: Memulai Bisnis dari Hobi 
Inilah menariknya. Misalkan uang yang Anda perlukan untuk menebus beserta biaya total senilai 6 juta, maka dalam sebulan Anda harus menabung minimal 500 ribu dari keuntungan usaha agar setelah satu tahun bisa sampai 6 juta. Disadari atau tidak, 500 ribu akan menjadi target paling kecil yang harus Anda dapatkan dari usaha baru Anda. Berbagai cara akan dilakukan untuk memerolehnya. Promo-promo digencarkan, obral, hingga ide-ide marketing lain yang akan bermunculan dari kepala. Saat kepepet, biasanya seseorang akan menjadi jauh lebih kreatif.

Bagaimana? boleh dicoba. (@RafifAmir)
loading...

Silakan masukkan alamat email untuk menerima postingan dari blog ini secara rutin.

0 Response to "Usaha Lancar, Emas Lantakan pun di Tangan"