Agar Sejenak Bisa Melupakan Masalah

Setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk melukis hari dengan tawa dan senyum. Meski untuk beberapa saat saja dalam hidup yang menguras airmata.

Sesungguhnya setiap orang berhak merasakannya. Saat ia menciptakan simpul-simpul indah di bibirnya. 15 kali saja dalam sehari, agar garis-garis keriput itu tak semakin bertambah. Tersenyumlah bahkan untuk sebuah masalah yang telah menguras energimu untuk menangis. Suatu saat kau akan benar-benar melupakannya, karena tanpa terasa ia telah menjelma sebuah kekuatan raksasa yang membuat jiwamu tegar tanpa pernah menitikkan airmata, untuk sebuah kata; penyesalan.

Masalah menjadikan seseorang semakin matang dan dewasa, mentalnya ditempa menjadi kokoh seperti baja. Hingga ia akan menghadapi masalah-masalah berikutnya bukan sebagai sesuatu yang menakutkan, tapi sesuatu yang harus dihadapi dengan senyum terindah. Ia tahu, masalah akan menjadikannya naik kelas; di hadapan Allah maupun di hadapan manusia, ketika ia dapat melaluinya dengan sempurna.

Bagi engkau atau siapapun yang dirundung masalah, jangan jadikan ia sebagai momok yang menjadikanmu lemah. Menangis berderai-derai seharian tak akan lantas menjadikannya berkurang atau hilang. Hadapi ia dengan tenang, meski ia datang dengan kekuatan badai, meski ia menjelma raksasa mengerikan.

Percayalah, pada akhirnya ia akan berlalu. Tersenyumlah. Tersenyumlah meski sesaat. Karena ia akan menjadikanmu tetap bertahan. Banyak hal yang bisa kau lakukan, untuk sejenak melupakannya, sekadar mengembalikan energi yang telah terkuras oleh kesedihan. Berdoa dan munajat pada Tuhan tentu adalah yang pertama dan tak boleh dilupakan. Dia-lah yang memberikan jalan keluar atas segala persoalan hidup manusia. 

Bekerjalah seperti biasa; bertemu dengan teman-teman kantor dan tampakkan bahwa kau adalah engkau yang kemarin, tak ada yang berubah; bermain dan bercandalah dengan anak kecil, bisa anakmu sendiri atau siapapun yang kau temui, merekalah yang mengajarkan kita tentang ketenangan dan kedamaian; tataplah alam dan langit malam, sambil sesekali menghitung bintang-bintang, hiruplah napas dalam-dalam sambil memejamkan mata, dan rasakan bahwa nikmat hidup adalah nikmat terindah yang patut disyukuri; menulislah dan bayangkan tentang segala keindahan, tentang gunung dan pantai; kalau perlu berekreasilah ke tempat-tempat itu, dimana engkau dapat menghirup udara segar; berolahraga dan memperbanyak aktivitas positif bersama teman-teman yang selalu ceria akan membuatmu ceria.

Ingatlah, bahwa bersama kesulitan selalu ada kemudahan. Tak ada masalah yang tak dapat diselesaikan, yang diperlukan hanya kesanggupan dadamu untuk bersabar dan perlahan mencari jalan keluar. (@RafifAmir)
loading...

Silakan masukkan alamat email untuk menerima postingan dari blog ini secara rutin.

0 Response to "Agar Sejenak Bisa Melupakan Masalah"