Kumpulan Khutbah Natsir di Hari Raya

Keulamaan Natsir tak perlu diragukan lagi. Kapasitas keilmuannya membuatnya dipercaya sebagai ketua Dewan Masjid se-Dunia. Maka tentu saja ketika ia menyampaikan dakwah atau khutbahnya yang keluar dari lisan adalah sesuatu yang bernas. Natsir memiliki integritas, maka ceramah-ceramahnya seperti hujan yang menggemburkan tanah gersang.

Tak terkecuali khutbah-khutbahnya di hari raya yang selalu dinanti. Buku ini merangkumnya menjadi sesuatu yang bisa dibaca kapan saja. Lengkap dengan mukaddimah dalam Bahasa Arab, sehingga juga dapat menjadi referensi ataupun disampaikan ulang oleh para imam dan khatib shalat Ied.

Buku Kumpulan Khutbah Hari Raya ini banyak berisi tentang seruan untuk meningkatkan iman dan amal shalih, juga motivasi agar memilik ghirah terhadap agama, renungan, dan akhlak dalam kehidupan bersosial. Kurang lebih semuanya ada 13 judul. Tak lupa tentu di dalamnya banyak dalil dari sumber utama: Alquran dan hadits. Sebagian mungkin terasa jarang didengar tapi terkadang mencengangkan dan bisa menjadi bahan kontemplasi untuk perbaikan diri.

Seperti dalam Bila Doa Tak Berjawab Lagi, ada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad berbunyi: "Wahai manusia! Sesungguhnya Allah swt berkata kepadamu: Anjurkanlah olehmu berbuat baik dan laranglah akan perbuatan yang mungkar. Agar jangan datang satu saat, dimana kamu berdoa, tetapi Aku tidak menjawab doamu; kamu meminta tetapi Kami tidak kabulkan; kamu mohon pertolongan, tetapi Kami tidak beri pertolongan." (HR Ahmad). Betapa jelas dalam hadits ini, sesuatu yang menggoncangkan pikiran, bahwa dijawabnya doa berkorelasi kuat dengan penegakan amar ma'ruf nahi munkar. Jika orang-orang tak lagi peduli pada sesama dan sibuk dengan diri sendiri maka percuma saja ia berdoa. Doanya tak akan diterima.

Lebih jauh lagi beliau, Rasulullah saw menegaskan bahwa jika umat sudah tak lagi berani menegur orang zhalim atas kezhalimannya maka silakan ucapkan selamat tingga buat mereka. "Ucapkan selamat tinggal kepada mereka! Karena adanya sama saja dengan tidak adanya." (HR Ahmad)

Masih banyak untaian mutiara lain dari M. Natsir yang disuguhkan dalam buku ini. Terkadang ia ambil saripatinya dari kitab suci dan sunnah Nabi, terkadang dari hasil pemikiran dan pengalamannya sendiri.

Book Review #76. Review Kumpulan Khutbah Hari Raya. M. Natsir. Media Da'wah, C3, 1987. 250 halaman. Selesai baca pada Juni 2016
loading...

Silakan masukkan alamat email untuk menerima postingan dari blog ini secara rutin.

0 Response to "Kumpulan Khutbah Natsir di Hari Raya"