Hamka Berkisah Tentang Nabi dan Rasul Jilid 2

Jika pada Hamka Berkisah Tentang Nabi dan Rasul Jilid 1 memuat kisah Nabi Adam hingga Nabi Yusuf, pada jilid 2 ini menceritakan tentang Nabi Ayyub hingga Nabi Isa AS.

Nabi Ayyub dikisahkan adalah nabi yang diuji oleh Allah dengan penyakit kulit parah. Semua orang menjauhinya, termasuk istri tercinta. Meski pada akhirnya sang istri kembali dan Nabi Ayyub telah sembuh dari sakitnya. Kesabaran Nabi Ayyub sungguh luar biasa. Ketika ditimpa ujian, beliau tidak berdoa, "Ya Allah, sembuhkanlah saya dari penyakit ini." Tetapi beliau hanya curhat kepadaNya, "Saya tertimpa penderitaan, sedangkan Engkau Maha Pengasih dan Maha Penyayang." Beliau yakin bahwa Allah selalu tahu yang terbaik buat hambaNya.

Kisah-kisah para Nabi dan Rasul mungkin sudah sangat kita hafal. Tetapi ada beberapa dalam buku ini yang tak banyak disebut dalam buku-buku sejenis. Selain, tentu saja, hikmah dari sudut pandang penulisnya. Seperti misalnya, kenapa Nabi Musa tak pandai berdiplomasi, sehingga membutuhkan Nabi Harun ketika berhadapan dengan Fir'aun. Sebab semasa kecil, menurut cerita dalam buku ini, tangan Musa pernah meraih bara api dan dimasukkan ke dalam mulutnya. Maka sejak saat itulah lidah Nab Musa menjadi kelu. Tidak terang kalau berbicara. Ucapannya sepotong-sepotong dan tertahan-tahan. (Hal. 23)

Masih tentang kisah Nabi Musa. Mungkin kita sudah tahu, bahwa Bani Israil, pengikut Nabi Musa, selalu bertingkah aneh. Salah satunya minta diturunkan makanan dari langit. Lalu Allah mengabulkan dengan menurunkan Manna dan Salwa. Tapi tahukan kita, seperti apa Manna dan Salwa itu? Dalam buku ini diterangkan, Manna adalah sejenis getah kayu, rasanya manis seperti madu dan warnanya putih.  Setiap pagi, Manna bergelantungan di dahan-dahan kayu kecil di padang pasir. Bagaimana dengan Salwa? Salwa adalah sejenis burung sebesar puyuh. Rasanya gurih.

Beralih ke kisah Nabi Daud ketika bertarung melawan Jalut. Secara fisik, Daud jauh lebih kecil dari Jalut. Jalut tampak gagah dan perkasa. Tapi ternyata, Jalut terbunuh oleh Daud dengan hanya satu kali lemparan batu yang mengenai kepalanya. Ini mengajarkan kepada kita bahwa tidaklah boleh kita meremehkan orang lain yang secara kasat mata "di bawah" kita. Bisa jadi, ia justru mengungguli kita.

Silakan baca buku ini dan ceritakan kembali pada anak cucu. Insya Allah, bahasanya gurih dan mudah dipahami.

Book Review #82. Review Hamka Berkisah Tentang Nabi dan Rasul 2. Hamka. Pustaka Panjimas, Cetakan 7,1993, 106 halaman. Selesai baca pada Juni 2016 
loading...

Silakan masukkan alamat email untuk menerima postingan dari blog ini secara rutin.

0 Response to "Hamka Berkisah Tentang Nabi dan Rasul Jilid 2"