Tiga Hal yang Membuat Anda Akrab dengan Buku

Jauh sebelum kita berbicara tentang kualitas bahan bacaan, saya hanya ingin sedikit menyinggung soal intensitas membaca. Karena tentu akan sangat sulit bagi siapapun untuk memahami karya-karya berkualitas tanpa terlebih dahulu mengakrabi buku-buku.

sumber gambar: satuislam.org
Seberapa sering Anda bersama buku, seberapa besar daya tahan Anda dalam sekali membaca? berapa jam rata-rata waktu yang Anda habiskan untuk membaca dalam sehari semalam?

Pertanyaan-pertanyaan ini penting untuk dijawab. Kedekatan dan frekuensi kebersamaan dengan buku adalah langkah awal membangun hubungan keakraban. Bawalah buku kemanapun Anda pergi. Jadikan ia seperti seorang sahabat yang selalu membersamai Anda dimana pun dan kapan pun. Lalu jadikan aktivitas membaca sebagai pengisi waktu-waktu hampa yang Anda miliki.

Tapi mungkin Anda akan beralasan, saya tidak punya waktu senggang sama sekali. Saya terlampau sibuk. Baiklah, karena buku sudah berada di tas Anda dan sudah Anda bawa kemana-mana, maka keluarkan dan bacalah ia saat Anda mengendarai angkutan umum, saat duduk sambil menunggu, saat jeda untuk aktivitas berikutnya meski hanya dua menit, atau sambil berjalan di ruangan kantor. Jadi tidak ada alasan sama sekali untuk tidak membaca. Yang perlu Anda siapkan hanya tekad yang kuat untuk membaca, menaklukkan rasa malas atau bahkan rasa malu.

Semakin banyak waktu yang Anda habiskan untuk membaca, maka Anda akan merasakan waktu-waktu Anda lebih produktif, Anda akan merasa lebih bergairah, lebih bersemangat. Berikutnya adalah daya tahan. Apakah Anda sering mengalami tiba-tiba kantuk datang menyergap ketika baru saja memulai membaca? jika itu terjadi, solusinya sangat sederhana. Carilah bahan bacaan yang menarik misalnya, komik dengan gambar-gambar yang Anda sukai, buku-buku humor atau cerita komedi. Kurang berkualitas? memang iya, tapi sekali lagi, seperti yang sudah saya sampaikan di awal, sebelum berbicara tentang kualitas bacaan, kita bicarakan dulu tentang "mengakrabi buku-buku".

Tiga hal itu; membawa buku kemanapun, frekuensi membaca, daya tahan saat membaca harus terus ditingkatkan sampai Anda benar-benar telah menjadikan buku sebagai sahabat, hingga suatu saat misalnya, Anda tidak membaca ketika Anda punya waktu kosong sementara di dalam tas Anda ada buku, Anda merasa "berdosa".

Inilah saat yang tepat, untuk mulai berpikir, buku apa yang harus saya baca? (@RafifAmir)
loading...

Silakan masukkan alamat email untuk menerima postingan dari blog ini secara rutin.

0 Response to "Tiga Hal yang Membuat Anda Akrab dengan Buku"