Tujuh Kiat Singkat Mencari Ide Tulisan

Ide, bagi penulis, ibarat starter pada kendaraan bermotor. Setelah bahan bakar bernama motivasi diperoleh, maka saatnya menyalakan starter untuk memulai perjalanan. Tetapi banyak yang mengeluh, mengapa ide terkadang susah didapat? Hal pertama yang harus diluruskan, bahwa ide tulisan tidak akan datang begitu saja seperti kilatan cahaya yang mengenai mata. Ide harus dicari, diusahakan, diperjuangkan.

Nah, berikut ini tujuh tips singkat bagaimana mencari ide tulisan.

1. Catat setiap ide yang muncul tiba-tiba dalam kepala
    Saya sering mengatakan bahwa ide itu adalah anugerah. Jadi jangan disia-siakan. Jangan menunda-nunda untuk menuliskannya. Karena kita tidak pernah tahu, seberapa lama kita akan mampu mengingatnya. Kadang bisa bertahan beberapa jam, tapi kadang pula hanya dalam hitungan menit bahkan detik. Bawa note kecil dan bolpen kemanapun pergi, tulis di smartphone, atau rekam via recorder.

2. Jadikan diskusi atau obrolan dengan teman sebagai sumber ide
    Dengarlah baik-baik curhatan teman, siapa tahu bisa menjadi ide sebuah cerpen. Obrolan-obrolan yang asyik dan segara kadangkala juga bisa membuka wawasan, sehingga banyak ide berdatangan dan mengendap di kepala.

3. Baca, baca, dan baca
    Sumber ide tulisan saya terbanyak adalah dari buku. Membaca membuat kita menjadi kaya. Hasil kontemplasi dari bacaan bisa menjadi ide luar biasa. Tidak ada bacaan yang tidak bermanfaat, apapun itu. Buku baik dapat mendatangkan inspirasi yang bahkan mengubah kehidupan kita, buku jelek bisa menjadi sumber ide bagi kita untuk menulis bantahannya.

4. Nonton film 
    Jika kamu suka menulis cerpen atau novel, perbanyak nonton film dan nikmatilah konflik maupun alurnya. Ini karena sebenarnya film adalah novel yang divisualisasikan. Kamu juga bisa belajar bagaimana membentuk dan membangun karakter tokoh, hingga membuka atau menutup cerita.

5. Jalan-jalan 
    Jika mood sedang kurang baik, ada baiknya jalan-jalan mencari udara segar. Tidak harus jauh, jalan-jalan di sekitar rumah, mall, atau ke taman sudah cukup mengembalikan mood-mu yang hilang. Buat pikiran fresh. Sambil jalan-jalan, siapa tahu kamu mendapatkan ide cerita baru untuk novelmu berikutnya.

6. Browsing, Blogging, atau.... Stalking
    Intinya, apapun yang bermanfaat dan menambah referensi untuk tulisanmu. Membaca komentar-komentar sebuah postingan kadang juga membuka wacana baru, opini-opini yang beragam hingga tulisanmu nanti menjadi lebih bernas.

7. Ciptakan kondisi alfa
    Hasil penelitian membuktikan bahwa kondisi alfa adalah kondisi terbaik untuk menulis. Kondisi alfa adalah kondisi saat kita santai, rileks. Kata Albert Einsten, "Ide-ide terbaik saya muncul saat saya sedang mencukur kumis." Artinya, kondisi alfa dapat diciptakan. Mungkin kamu lebih tahu bagaimana caranya. Kalau yang suka sama kucing, mungkin bermain bersama kucing adalah salah satu caranya. Bisa juga dengan bermain musik, menyapu lantai, atau menikmati tingkah laku seekor burung di dalam sangkar. (@rafif_amir)

sumber gambar: simplystatedbusiness.com

loading...

Silakan masukkan alamat email untuk menerima postingan dari blog ini secara rutin.

0 Response to "Tujuh Kiat Singkat Mencari Ide Tulisan"