Tujuh Langkah Meraih Mimpi

Tidak ada yang membuat seseorang lebih bergairah selain mimpi. Entah itu impian tentang kesuksesan hidup di dunia maupun kesuksesan di akhirat. Entah itu yang besar dan menjulang maupun yang terlihat sederhana dan kecil. Mimpi, yang membuat seorang ibu menahan jerih selama sembilan bulan. Mimpi, yang membuat seorang ayah rela bekerja keras mencari nafkah. Dalam bahasa sederhana, kita menyebutnya, harapan.


Inilah tujuh langkah meraih mimpi itu agar mewujud nyata. Tentu saja tidak ada jaminan, karena hanya Allah yang merancang dan mengatur alur kehidupan.

1. Mulailah dengan Pertanyaan
Apa yang sangat saya inginkan? Di tahun ini dan tahun-tahun mendatang? Apakah keinginan saya itu adalah kebaikan? Mengapa saya menginginkannya? Dan lain-lain. Gali lebih dalam tentang apa saja sesungguhnya yang sangat Anda inginkan dalam hidup ini?

2. Catat dan Imajinasikan
Setelah menemukan jawaban dari pertanyaan mendasar, maka mulailah mencatat mimpi-mimpi itu. Tidak cukup hanya mencatat, imajinasikan bagaimana keadaan Anda ketika mimpiitu sudah diraih. Misalkan Anda bermimpi punya rumah sendiri. Bagaimana ketika rumah itu sudah terbeli, seperti apa bentuk dan ruangannya. Bayangkan Anda sudah menempati rumah itu.

3. Buat Target
Tentukan kapan Anda akan meraih mimpi itu? Buat target yang logis, tapi juga menantang. Jika mimpi Anda membeli rumah, sesuaikan dengan kondisi keuangan Anda sekarang. Misal harusnya 5 tahun, Anda buat 2 tahun mendatang.

4. Buat Program dan Fokus
Langkah berikutnya, buatlah program untuk mecapai target. Misalnya, dengan menabung 5 juta setiap bulan, membuka usaha baru sehingga menambah penghasilan, dan lain-lain. Fokuslah pada program yang bisa mempercepat mimpi Anda tercapai.

5. Ceritakan Pada Orang Lain tentang Mimpi Anda
Ini agar membuat Anda semakin bersemangat. Lebih bagus lagi jika ada teman yang bisa diajak berlomba-lomba meraih mimpi yang sama.

6. Buat Target Harian dan Evaluasi Berkala
Jika tidak memungkinkan, bisa target mingguan atau bulanan (jika itu mimpi dalam jangka panjang). Misal, laba bersih usaha harian harus sekian. Jika ada kekurangan, dievaluasi, diperbaiki, dan ditingkatkan.

7. Doa
Dalam usaha sekeras apapun, doa tak boleh ditinggalkan. Bahkan bisa jadi No.1-6 kurang maksimal Anda lakukan. Tapi doa begitu sungguh-sungguh dan tak putus, bisa jadi mimpi Anda terwujud dengan cara yang tak disangka-sangka.


Teruslah pelihara mimpi itu. Imajinasikan setiap saat, kalau perlu visualisasikan di selembar kertas. Mudah-mudahan Anda meraih puncak sukses! (@rafif_amir)
loading...

Silakan masukkan alamat email untuk menerima postingan dari blog ini secara rutin.

0 Response to "Tujuh Langkah Meraih Mimpi"