Cara Menularkan Virus Membaca

Benarkah hobi membaca itu seperti virus yang bisa ditularkan? Lantas bagaimana caranya? Mari kita lihat.

Kita sudah sama-sama mengakui dengan jujur bahwa perhatian masyarakat Indonesia terhadap buku masih sangat payah. Prosentase minat baca di negeri ini tergolong sangat rendah jika dibandingkan dengan negara-negara lain, bahkan jika dibandingkan dengan negara tetangga sepeti Malaysia dan Singapura.

Lalu bagaimana mengatasinya? dengan pembiasaan. Seseorang akan akrab dengan apapun yang sering ia lihat, sering ia sentuh, sering berada di dekatnya. Maka begitu pula dengan buku.

Saya memiliki beberapa teman dekat yang pada mulanya tidak suka membaca. Seiring dengan waktu, melihat saya sangat akrab dengan buku, kemana-mana bawa buku, di kamar tidur ada buku, bahkan saat ngobrol juga kadang pegang buku. Terus saya juga ajak mereka jalan-jalan ke toko buku, lihat pameran buku, ke perpustakaan, dan sebagainya. Perlahan, awalnya mereka mulai tertarik membaca-baca sekilas, kemudian mulai suka membeli buku meski membacanya masih jarang-jarang. Tapi lama-lama mereka semakin suka membaca. Dan sekarang, salah seorang dari mereka kabarnya mau buka toko buku.

Saya ulangi, pembiasaan. Hobi membaca seperti virus. Ia dapat ditularkan kepada siapa saja yang kita kehendaki. Bahkan kepada orang yang benci membaca sekalipun. Hanya memang penularannya butuh waktu. Lamanya? tergantung frekuensi kita mengakrabkannya dengan buku melalui cara-cara yang telah saya sebutkan. Yang terpenting kita harus "gila" membaca terlebih dahulu. Simpan buku-buku kita di tempat yang mudah dilihat. Jangan disembunyikan. Ketika kita membaca buku usahakan juga ditampakkan kepada target. Sekali-kali iseng menyodorkan buku-buku yang berkaitan dengan kesukaan atau hobi target kita.

Begitulah, nanti setelah terbiasa akan merasa nyaman dan asyik membaca. Ini cara yang paling mudah dan moderat. Tak perlu menjejali buku atau memaksa mereka membaca. Lakukan pembiasaan yang dimulai dari diri kita sendiri. Begitu pun nanti terhadap anak atau keluarga kita. Sediakan waktu khusus untuk membaca bersama-sama, mengajak keluarga ke toko buku, ke taman baca atau perpustakaan. Mereka akan tertular dengan sendirinya, mungkin tanpa kita sadari. (@RafifAmir)
loading...

Silakan masukkan alamat email untuk menerima postingan dari blog ini secara rutin.

0 Response to "Cara Menularkan Virus Membaca"