Tips Praktis Pindah Rumah


Anda termasuk kontraktor? Maksudnya, orang yang sering pindah kontrakan? Pasti ribet ya, ketika harus pindahan sementara barang yang mesti dibawa bejibun jumlahnya. Alih-alih senang, terkadang malah bikin stress. Apalagi frekuensi pindah rumahnya terlalu sering.

Tapi tak perlu khawatir, beberapa tips di bawah ini bisa dicoba.

1. Bersihkan Rumah Baru Sebelum Ditempati
    Pastikan rumah yang akan ditempati sudah dalam keadaan bersih dan siap ditempati, sebelum Anda memutuskan untuk boyongan atau pindah rumah. Karena jika tidak, energi Anda akan terkuras dua kali lipat sebab harus membersihkan rumah sekaligus menata barang-barang.

2. Packing Barang Sebelum Hari H
    Kalau Anda packing barang saat hari H, pasti akan semakin ribet dan butuh tenaga ekstra. Bisa-bisa ada barang rusak, hilang, atau ketinggalan karena terburu-buru. Masukkan dalam kardus besar dan pilah berdasarkan jenisnya agar mudah dibawa. Lalu beri label pada kardus agar mudah ketika hendak dibongkar dan ditata kembali di rumah baru.

3. Prioritas Memindahkan Barang-Barang Berat
    Seperti lemari, kulkas, tempat tidur, dan lain-lain. Memindahkan barang-barang berat terlebih dahulu, membuat Anda akan lebih ringan mengatur ruangan di rumah yang baru.

4. Bawalah Makanan dan Minuman Agar Tidak Kelaparan di Rumah Baru
    Sehabis pindah rumah, biasanya rasa lapar lumayan terasa. Bawalah makanan dan minuman secukupnya karena mungkin Anda belum mengenal dengan cukup baik lingkungan sekitar rumah baru. Di mana warung yang enak,berapa kisaran harganya, dan lain-lain.

5. Cek Kembali Mobil atau Truk yang Membawa Barang
    Pastikan kendaraan yang membawa barang Anda dalam kondisi bagus. Agar perjalanan aman dan selamat sampai tujuan.

6. Perkirakan Cuaca. Hindari Pindah Rumah Saat Hujan
    Saya pernah mengalami pindah rumah saat musim hujan. Dan di tengah jalan, hujan cukup lebat. Alhasil, banyak barang yang basah kena air meski truk sudah sebisa mungkin ditutup terpal. Terutama jika ada barang-barang yang dikhawatirkan rusak ketika kena air.

7. Amankan Surat-Surat Berharga
    Surat-surat berharga seperti ijazah, sertifikat, BPKB, Kartu Keluarga, dan lain-lain sebaiknya diamankan dengan menyimpannya rapat dalam map khusus yang anti air.

8. Bagikan atau Jual Barang yang Tak Terpakai Pada Orang Lain
    Bisa membagikannya pada saudara, teman, atau tetangga. Barang yang tak terpakai hanya akan menambah beban Anda ketika harus menatanya kembali. Lebih baik dibagikan saja, hitung-hitung juga sedekah. Atau jika menurut Anda masih sangat bagus dan hitung-hitung bisa buat nambah biaya pindah rumah, barang tersebut bisa dijual dengan harga murah via online atau ke lapak-lapak barang bekas.

9. Cek Ekspedisi Paling Murah
    Jika barang-barang Anda dikirim melalui ekspedisi, carilah ekspedisi yang paling murah ke alamat tujuan. Biasanya banyak ekpedisi yang menawarkan harga terjangkau untuk mengangkut barang-barang pindahan.

10. Jangan Lupa Berpamitan Pada Tetangga dan Warga Sekitar
      Khususnya pula pada Pak RT. Mintalah doa pada mereka agar dimudahkan selama pindahan dan mohon maaf kepada mereka atas kesalahan yang disengaja ataupun tidak sengaja selama berinteraksi selama ini.

Anda punya tips lainnya? Saya tunggu sharingnya di kolom komentar:-) (@rafif_amir)
loading...

Silakan masukkan alamat email untuk menerima postingan dari blog ini secara rutin.

3 Responses to "Tips Praktis Pindah Rumah "

Naqiyyah Syam mengatakan...

Aku juga pernah pindahan eh pas mati listrik, rempong deh hehe

Kang Alee mengatakan...

Tipsnya bermanfaat neh Mas.

Rafif Amir mengatakan...

@Naqiyyah Syam: Pasti seru tuh XD
@Kang Alee: Makasih, Kang