Tips Singkat Membedakan Buku Asli dan Buku Bajakan

Berbelanja di lapak buku bekas, kadang kita menemukan beberapa buku yang bersegel dengan harga murah. Buku-buku best seller yang masih terpajang di toko buku, bisa kita dapatkan dengan separuh harga atau malah kurang dari itu. Eittss... tapi jangan senang dulu. Karena bisa jadi itu adalah buku bajakan.
Bumi Manusia. Kiri: asli, Kanan: bajakan (koleksi rafif)

Lalu bagaimana cara mengetahui bahwa itu buku asli atau bajakan? ada beberapa tips yang bisa kamu simak, berdasarkan pengalaman pribadi saya.

1. Waspadai buku-buku best seller
     Mengapa? karena pembajak tidak mungkin membajak buku-buku yang tidak laku di pasar. Meskipun potensi untuk itu ada, tapi kecil sekali. Buku-buku best seller atau yang laris di pasaran dibajak untuk menyentuh calon pembeli yang tidak mampu membeli buku asli karena alasan harga yang mahal. Atau karena calon pembeli tidak mempedulikan kualitas, yang penting bisa baca isinya.
     Tetapi perlu diketahui juga, tidak semua buku best seller bersegel yang terpampang di lapak buku bekas berarti pasti bajakan. Ada juga kok yang original. Oleh karena itu, tetap simak tips-tips berikutnya.

2. Perhatikan buku dengan seksama 
    Coba amati dan perhatikan fisik buku. Buku bajakan biasanya kurang rapi baik dari segi penjilidan maupun pemotongan tepi-tepi buku.

3. Teliti cover buku 
    Warna cover biasanya agak buram. Jika buku yang asli menggunakan huruf timbul untuk judul, pada buku bajakan huruf tidak timbul. Tetapi ini juga belum jaminan. Pada buku bajakan kualitas super, seperti yang saya temui pada buku bajakannya Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer, judul juga dicetak timbul, pemotongan buku rapi, dan warna cover sama cerah.

4. Lihat jenis kertas
    Setelah sampai tahap tiga, namun belum yakin itu buku asli atau buku bajakan, lanjutkan cara ini. Lihat jenis kertas yang digunakan. Sekilas, meski masih dalam keadaan tersegel, kita dapat membedakan kertas buram, bookpaper, dan HVS. Kertas HVS berwarna putih seperti yang biasa digunakan fotokopian. Kertas bookpaper berwarna coklat dan ringan yang banyak dipakai buku-buku yang terbit belakangan ini. Sementara kertas buram berwarna keabuan dan sangat tipis.
   Eh, tetapi ada juga lho penerbit yang menggunakan kertas buram untuk buku-buku tertentu tapi lumayan tebal dan tidak tipis.

5. Periksa tulisan, ejaan, dan tahun terbit
    Masih belum yakin? baik, sekarang coba buka segelnya. Periksa tulisan di dalam buku tersebut. Buku bajakan biasanya tulisan tidak terlalu terang. Ini yang saya dapati dari buku Bumi Manusia yang saya ceritakan. Judul timbul, cover bagus, kertas HVS, tapi tulisan agak buram.
kiri: asli, kanan: bajakan
      Mengenai ejaan dan tahun terbit. Ada buku Pramoedya yang berjudul Keluarga Gerilja. Kondisi masih tersegel seperti baru. Kertas bookpaper dan tulisan terang. Tapi ada yang janggal, di keterangan buku tertulis terbit tahun 60an dan masih menggunakan ejaan lama. Gak sesuai kan dengan kondisi buku? Beberapa ada yang menyebutnya buku repro, artinya buku lama yang diketik ulang kemudian diperbanyak. Intinya sama sih, bajakan juga.

6. Harga buku
    Terakhir, soal harga. Jika itu adalah buku baru terbit dan best seller rasanya tidak mungkin dijual dalam kondisi tersegel di lapak bekas dengan harga "hancur". Kalaupun ada milik seseorang yang dijual lagi, stoknya mungkin hanya satu-dua. Kalau stoknya banyak, jelas perlu dicurigai.
    Tetapi jika dijual dalam kondisi seken, hal itu masih wajar. Atau buku best seller itu sudah lama dari masa terbitnya, sudah tidak ada lagi di toko buku. Itu sangat mungkin, dan saya banyak menemukan yang seperti ini.

Bagaimana kalau beli buku online? tentu saja cara di atas tak bisa dipakai. Maka belilah di toko-toko buku online terpercaya seperti Cahaya Pustaka. Di sana, semua buku insya Allah asli dan tentunya berkualitas. Ada yang seken ada yang masih tersegel.

Jadi, sekali lagi, cermat dan teliti. Jika kamu gak ingin kecewa karena telah membeli buku bajakan yang dikira buku asli.

(@rafif_amir)
loading...

Silakan masukkan alamat email untuk menerima postingan dari blog ini secara rutin.

0 Response to "Tips Singkat Membedakan Buku Asli dan Buku Bajakan"