Uang Tidak Keluar, Saldo Berkurang di ATM BNI


Masalah ini saya alami tepatnya pada 17 Desember 2016. Ketika saya hendak menarik uang dari ATM BNI, mesin tidak mengeluarkan uang sama sekali. Saya mengira mungkin persediaan uang habis. Tapi tidak ada keterangan sama sekali bahwa transaksi gagal.

Saya coba cek saldo. Ternyata berkurang. Sekali lagi saya coba untuk menarik uang dari ATM BNI yang sama dengan nominal lebih kecil. Ternyata berhasil.

Saya coba perhatikan orang-orang yang menarik uang setelah saya, semuanya berhasil. Maka saya menyimpulkan bahwa ada yang trouble dengan mesin ATM. Dan segera saya kontak Call Centre untuk membantu masalah saya ini.

Jawaban dari Call Centre BNI sangat memuaskan. Saya mendapatkan nomor tiket laporan dan diberitahu bahwa saya tidak perlu ke kantor BNI terdekat untuk melaporkan ulang. Saya cukup menunggu dan nanti akan ada pemberitahuan via SMS ketika uang saya sudah ditransfer ulang. Saya cukup lega, namun agak pesimis juga, karena untuk itu saya harus menunggu selama maksimal 14 hari kerja.

Belum 14 hari, iseng saya telpon lagi call centre, menanyakan perkembangan laporan saya. Jawabannya kurang memuaskan, karena saya tetap harus menunggu selama maksimal 2 minggu itu. "Laporan sedang diproses," katanya. "Sudah kami kasih keterangan urgent." Mungkin untuk menenangkan saya yang dikiranya lagi galau.

Tanggal 7 januari 2016, tepat sehari dari waktu yang dijanjikan (14 hari kerja itu), saya telpon kembali call centre. Terus terang kali ini saya kecewa. Saya sudah bersabar menunggu sekian lama dan jawabannya masih sam. "On process, Pak." Mereka pun tak bisa memberikan kepastian. Termasuk tak bisa memberikan keterangan sudah sejauh mana proses itu dilakukan, atau bahkan mungkin belum sama sekali?

Saya termasuk nasabah BNI yang loyal. Sudah sejak saya masih menjadi mahasiswa. Bahkan ketika masih kerja kantoran, uang gaji saya ditransfer melalui BNI. Dan selama ini tidak ada kendala dalam hal setor dan penarikan uang. Hingga ketika ada masalah seperti ini, saya mengetahui bahwa pelayanan BNI kurang memuaskan. Bagi saya, janji pada customer adalah harga mati. Harus dipenuhi, kalaupun tidak dapat dipenuhi berikan alasan yang logis dan dapat dimaafkan.

Kumis saya bertambah gara-gara ini. Lalu datanglah saya ke kantor BNI terdekat di Sidoarjo. Disambut oleh customer service, saya menceritakan detail kronologis uang yang tidak keluar di ATM dan berkurangnya saldo di tabungan. Lengkap juga dengan tanggapan call centre ketika saya hubungi terakhir kali.

"Baik, akan saya laporkan pada pimpinan. Silakan Bapak tunggu," katanya.

Saya menunggu sekitar 10 menit dan ia datang menyampaikan bahwa memang seharusnya uang saya sudah ditransfer ke rekening tanggal 6 Januari 2017. "Tapi kami coba menghubungi OPR belum bisa tersambung, Pak. Nanti akan kami coba lagi."

Ia mencatat nomor HP saya dan berjanji akan mengabari hasilnya hari itu juga. Bisa sore atau malam. Saya iyakan, meski tak yakin akan dihubungi. Paling-paling saya harus ke bank lagi untuk memastikan, batin saya. Meminta nomor HP dan berjanji akan menghubungi adalah trik Customer Service di perusahaan apapun untuk membuat pelanggan tenang.

Dan benar. Sampai malam, saya tidak dihubungi. Saldo rekening BNI saya pun belum bertambah. Dua hari kemudian, tepat sebelum saya menuliskan artikel ini, saya berniat mendatangi kembali kantor bank BNI untuk menanyakan tentang kepastian uang saya.

Namun, sebelum berangkat, saya mencoba mengecek mutasi rekening via internet banking. Ternyata ada saldo masuk sebesar nominal yang berkurang. Melihat kode pengirimnya, sepertinya benar dari BNI. Alhamdulillah, gak jadi komplain lagi. Saya sudah berencana jika komplain terakhir ini tak memuaskan, akan saya tulis surat pembaca di koran dan di beberapa web, sebagai upaya terakhir.

Harapan saya, semoga BNI bisa memperbaiki kualitas pelayanannya dengan cara mengeksekusi secepat mungkin semua komplain dari nasabah. Karena tidak mudah membangun kepercayaan namun begitu cepat meruntuhkan kepercayaan hanya karena satu soal. (@rafif_amir)



loading...

Silakan masukkan alamat email untuk menerima postingan dari blog ini secara rutin.

0 Response to "Uang Tidak Keluar, Saldo Berkurang di ATM BNI"