Rambu-Rambu Pergaulan Remaja

Islam mengatur pergaulan dengan lawan jenis. Ada hal-hal yang tidak boleh dilakukan, karena dikhawatirkan mengarah pada perbuatan maksiat yang lebih besar.

Berikut diantara beberapa adab yang harus diperhatikan dalam pergaulan remaja yang berbeda jenis.

1.      Tidak Bercanda Berlebihan
Bercanda yang berlebihan, apalagi sampai bersentuhan fisik hanya akan membuat hati keruh dan bisa menjurus pada tindak pelecehan.

2.      Menutup Aurat
Di hadapan lawan jenis hendaknya menutup aurat. Salah satu faktor terjadinya perzinaan karena aurat yang diumbar terhadap lawan jenis, khususnya laki-laki.

3.      Menghindari Curhat yang Melampaui Batas
Kalau sekadar berbagi cerita sih tidak ada masalah. Tapi ketika curhat kepada lawan jenis sampai area yang privasi, perlu diwaspadai. Sebaiknya cari sahabat dari sesama jenis yang asyik diajak ngobrol.

4.      Tidak Berduaan di Tempat yang Sepi
Karena yang ketiga adalah setan. Sekuat apapun berusaha menahan gejolak, percayalah setan lebih lihai. Berduaan di tempat sepi tak jarang mengantarkan muda-mudi pada perbuatan zina.

5.      Saling Menjaga Pandangan
Maksudnya tetap sopan dalam memandang. Tidak jelalatan. Apalagi sampai berusaha mengintip atau melihat aurat.

6.      Menjauhi Pacaran
Agar tidak terjerumus pada yang satu ini, maka hati perlu ditata. Rasa suka dan cinta tak jadi soal. Tapi harus dikelola dengan baik dan berusahalah agar tak sampai keluar kata “cinta”. Kecuali pada sesama jenis, saling mengucap cinta malah dianjurkan.

7.      Tidak Memberi Perhatian Khusus
Siapa yang gak suka diperhatikan? Semua orang pasti suka. Tetapi jika itu diberikan oleh lawan jenis, apalagi seacra khusus, maka akan muncul perasaan-perasaan tertentu. Dari hal-hal inilah biasanya aktivitas pacaran bermula.

Bagi para orangtua, pastikan ketujuh hal ini tidak menimpa anak kita. Kalau pun itu terjadi, maka tugas kitalah untuk menasihati, tentu dengan cara yang lembut. Sentuhlah hati mereka melalui kisah dan teladan.


Semoga Allah memberikan kemudahan bagi kita untuk membimbing anak-anak kita menjadi generasi-generasi Alquran, generasi yang berakhlakul karimah, yang memegang teguh nilai-nilai Islam. (@rafif_amir)
loading...

Silakan masukkan alamat email untuk menerima postingan dari blog ini secara rutin.

0 Response to "Rambu-Rambu Pergaulan Remaja"