Tips Unik Agar Bangun Pagi di Masa Lampau

gambar via aoel.info
 
Saat ini, teknologi semakin canggih. Jika  kita ingin bangun pagi, cukup men-set alarm di hp. Alarm akan berbunyi sesuai waktu yang kita tentukan.

 Tapi pernahkah Anda bertanya, bagaimana orang bisa bangun pagi di saat HP bahkan jam belum ditemukan? Inilah beberapa cara unik yang dilakukan orang-orang zaman dulu agar bisa bangun pagi.

1. Minum Air Sebanyak Mungkin Sebelum Tidur
    Dengan minum air yang banyak, mereka akan lebih mudah bangun. Mengapa? karena pasti ada rasa ingin buang air kecil. Biasanya terjadi sekitar pkul 03.30-04.00. Cara ini masih dilakukan oleh sebagian suku India dan beberapa suku yang ada di pedalaman. Menarik bukan?

2. Menggunakan Clepsydra atau Jam Pasir
     Cara ini digunakan oleh masyarakat Mesir pada sekitar abad 14 SM. Jadi sudah kuno sekali. Nama penemunya, Al-Jazari. Clepsydrayang berfungsi sebagai alarm digunakan dengan cara memakai roda-roda gigi. Pada saat yang ditentukan butiran besi akan terlempar mengenai piringan baja sehingga timbul bunyi. Saat itulah orang-orang terbangun.

3. Bunyi Lonceng Gereja dan Suara Azan
     Bunyi lonceng yang berdenting di gereja, dalam perkembangan berikutnya, dijadikan sebagai alarm untuk bangun pagi. Selain juga sebagai tanda bagi umat kristiani untuk kebaktian. Sementara bagi umat Islam, suara azan adalah tanda bahwa harus segera bangun menunaikan shalat subuh. Pada sebagian masjid, hingga saat ini bahkan ada azan sebelum masuk shalat subuh dengan tujuan membangunkan yang sedang tidur agar bersiap-siap untuk shalat.

4. Menggunakan Knocker-up
     Knocker up adalah orang yang bertugas membangunkan mereka yang tidur dengan cara mengetuk jendela rumah menggunakan tongkat panjang. Dia mendapat bayaran atas jasanya itu. Jika ada penduduk yang ingin menggunakan jasa knocker-up, cukup menempelkan kertas berisi petunjuk jam berapa ingin dibangunkan pada jendela atau pintu.

5. Bunyi Peluit Pabrik
     Di zaman industri, pabrik-pabrik bermunculan. Para pekerja yang tinggal di sekitar pabrik, memanfaatkan bunyi peluit pabrik sebagai alarm untuk bangun.

Pada perkembangan selanjutnya, jam mulai ditemukan menyusul arloji dan weker. Hingga sekarang, yang tercanggih melaluihandphone. (@rafif_amir)
loading...

Silakan masukkan alamat email untuk menerima postingan dari blog ini secara rutin.

0 Response to "Tips Unik Agar Bangun Pagi di Masa Lampau"