Reading Challenge FLP Jatim, Membuat Keranjingan Membaca Setiap Hari

Hasil gambar untuk reading


Ide membuat Reading Challenge bermula, ketika saya dan teman-teman FLP Wilayah Jatim melakukan turba ke FLP Malang dan FLP Blitar. Salah seorang anggota FLP Malang, Afifah, tampak gelisah, mencari ide yang tak kunjung datang. Rupanya ia ikut tantangan menulis, yang mengharuskan untuk menulis setiap hari. Sehingga dalam kondisi apapun, sesibuk apapun, ia harus tetap menulis. Karena jika tidak, ia akan dikeluarkan dari grup WA dan dianggap gagal. 
Dari sanalah, saya dan teman-teman tercetus gagasan membuat tantangan serupa. Kita mulai dulu dari tantangan membaca. Kita beri nama "Reading Challenge FLP Jatim". Saya meminta bantuan Puput (ketua FLP Malang) untuk menjadi moderator grup, karena saya tahu ia penggila buku yang cukup berbakat. Hehe.

Maka dimulailah edisi perdana Reading Challenge. Saya berpikir keras untuk membuat aturan. Pada intinya, tujuan kelas Reading Challenge ini agar anggota FLP rutin membaca setiap hari. Jadi bukan banyak-banyakan membaca. Meski itu juga kami apresiasi. Challenger yang membaca paling banyak dalam 1 bulan akan mendapatkan hadiah.

Maka disusunlah aturan. Sempat mengalami beberapa perubahan. Teman-teman tidak ingin challenger yang tidak sampai target membaca atau gagal membaca setiap hari didiskualifikasi dengan cara dikeluarkan dari grup. Akhirnya, muncul ide "Tidak Naik Kelas" bagi challenger yang gagal. Bagi mereka yang berhasil bertahan hingga akhir bulan, nanti naik ke kelas berikutnya.

Setelah sekian kali revisi, maka inilah aturan Reading Challenge kelas R yang dipakai sampai sekarang.

Aturan Reading Challenge FLP 2017
1. Target membaca untuk challenge perdana ini 5 halaman/hari
2. Update jumlah halaman buku yang dibaca dalam format yang sudah ditentukan
3. Update bisa dilakukan berkali-kali dalam satu hari
4. 1 halaman=1 poin. Poin tertinggi setiap akhir bulan akan mendapat hadiah dari sponsor
Untuk komik dan cergam poin setiap halaman dihitung 1/2. Jadi bila membaca 20 halaman komik, dihitungnya 10 halaman.
Untuk buku berbahasa asing 1 halaman dihitung 2. Jadi jika membaca 10 halaman buku berbahasa asing, hitungannya 20 halaman.
Untuk komik berbahasa asing, hitungan halamannya setara dengan halaman buku biasa. Jadi membaca 10 halaman komik berbahasa asing. Hitungannya tetap 10 halaman.
Untuk komik berlaku cetak atau ebook atau online asalkan jumlah halaman bisa dilacak. Webtoon tidak dihitung karena jumlah halamannya tak bisa dilacak)
5. Jenis bacaan yang terhitung poin adalah: buku dan majalah (fisik), ebook. Artikel online, koran, webtoon dll tidak dihitung
6. Boleh membaca banyak buku dalam waktu bersamaan. Yang dihitung tetap jumlah halaman
7. Tiga kali tidak sampai target/tidak melaporkan secara berturut-turut, challenger akan tinggal kelas
8. Bagi yang dinyatakan lulus hingga akhir bulan akan naik kelas dan mendapat target yang lebih menantang
9. Ada 2 form yang harus diisi, seperti di bawah ini
10. Admin atau moderator dari grup ini adalah Ratnawa
11. Sebelum update, harus menulis password untuk update yaitu:
Nama-Nomor urut-mau update
Contoh: Ratna 22 mau update
Bila ada teman yang sudah menulis password update, yang lain harap menunggu/mengantri sampai yang bersangkutan selesai update (harus urut)
12. Bila ingin meninggalkan grup, harus izin dulu pada admin
13. Masa update harian adalah 24 jam, dimulai pukul 06:00 (pukul 6 pagi) sampai 06:00 lagi.
14. Update ditutup setiap pukul 06:00. Setelah pukul tersebut, tidak boleh ada yang update. Admin akan menolkan daily pages, baru semua boleh update kembali.
Contoh:
21. Eva, FLP Tuban.
πŸ“šRead books: 0 dari 50
πŸ“’Most faved book:
πŸ“˜Daily Pages: 0
πŸ“•Total: 0
Keterangan:
1. Penjelasan detail:
Read books: jumlah buku yang telah baca dari jumlah target buku yang akan dibaca selama tahun 2017, terhitung sejak bulan Januari 2017
Most faved book: Judul buku terbaik yang telah dibaca selama tahun 2017
Daily pages: jumlah halaman buku yang telah dibaca selama satu hari
Total: jumlah halaman buku yang telah dibaca terhitung sejak 1 April 2017
2. Target 5 hal/hari
✅good/sesuai target
❎peringatan/sekali tidak sampai target
‼peringatan/dua kali tidak sampai target
❌tinggal kelas/tiga kali atau lebih tidak sampai target
ATURAN KHUSUS SOAL SPONSORSHIP DAN PROMOSI KARYA PRIBADI πŸ“šπŸ“–πŸ”Œ
1. Anggota grup tidak diperbolehkan memasang iklan atau promosi karya pribadi selama challenge berlangsung, kecuali jika memang ingin menjadi donatur/sponsor tambahan.
2. Grup ini membuka peluang sponsor. Pihak sponsor diperbolehkan mengupload foto produknya (buku) maksimal 1x untuk setiap harinya.
3. Anggota grup bisa menjadi sponsor dengan menyumbangkan hadiah untuk challenger terbaik.
4. Yang ingin menjadi sponsor, silakan hubungi Pak Rafif selama challenge berlangsung untuk informasi dan ketentuan selengkapnya.

Jika challenger tidak membaca selama 3 hari berturut-turut atau tidak setor laporan atau tidak memenuhi target membaca 5 halaman per hari, maka ia dinyatakan tidak naik kelas. Perihal ini memang cukup ketat. Meskipun ia sudah membaca tapi ternyata ia tidak bisa laporan karena pulsa internet habis misalnya, maka tetap akan mendapat tanda peringatan. Laporan juga tidak boleh diwakilkan.

Ada yang memprotes laporan itu, tapi kemudian saya mengatakan: tidak naik kelas bukan sesuatu yang tercela, dan naik kelas belum tentu juga berpahala. Tentu saya memiliki segudang alasan mengapa aturan tersebut dibuat sedemikian ketat.

Setiap Challenge begitu masuk ke grup WA akan diminta kenalan (taaruf), kemudian admin akan membuat list laporan, dan challenge bisa dimulai.

Pada challenge pertama, Inilah nama-nama yang lulus.

Pengumuman Kelulusan Reading Challenge (RC) Angkatan 1
Alhamdulillah, kelas perdana RC FLP Jatim angkatan perdana sudah selesai. Dari sekitar 50 orang yang bergabung, hanya 17 orang saja yang dinyatakan lulus dan berhak naik kelas. Berikut nama-namanya.
1. Hiday Nur, FLP Jatim 4889 pages
2. Gusti AP, FLP Malang 4567 pages 
3. Nur Zaidah, FLP Kediri 4560 pages 
4. Rafif, FLP Jatim 4018 pages 
5. Devila Eka, FLP Malang 3803 pages 
6. Fauziah, FLP Jatim 3438 pages 
7. Shofia, FLP Bangkalan 3035 pages 
8. Ridho, FLP Bondowoso 2987 pages 
9. Alfa Anisa, FLP Blitar 2220 pages 
10. Eldina, FLP Jember 1251 pages 
11. Rosy, FLP Blitar 864 pages 
12. Fitriara, FLP Blitar 752 pages 
13. Iltizam, FLP Bangkalan 735 pages 
14. Wisnu, FLP Blitar 636 pages
15. Wiwik, FLP Jatim 378 pages 
16. Rizal, FLP Sidoarjo 259 pages 
17. Ani Marlia, FLP Bangkalan 230 pages 
Selamat buat Mbak Hiday Nur sebagai peraih nilai tertinggi dan berhak mendapatkan paket spesial dari sponsor. Selamat juga bagi yang sudah dinyatakan lulus dan berhak naik kelas dan target dan aturan-aturan yang lebih menantang.
Bagi yang mau ikut RC bulan Maret karena bulan kemarin belum sempat atau sudah pernah ikut tapi left grup atau tinggal kelas, silakan segera mendaftar. Batas akhir hari ini, 1 Maret 2017.

 Mereka yang berhasil lulus, naik ke kelas berikutnya, yaitu kelas MR. Ohya, ada 4 kelas yang nanti akan diikuti bagi challenger yang selalu naik kelas.

Kelas R (Kelas Reader)
Kelas MR (Kelas Middle Reader)
Kelas HR (Kelas High Reader)
Kelas SR (Kelas Super Reader)

Tiap kelas, memiliki aturan dan tantangan yang berbeda. Tentu semakin tinggi kelas, targetnya semakin menantang.

Di Kelas MR misalnya, targetnya naik menjadi 15 hal/hari sementara di kelas R hanya 5 hal/hari. Di kelas MR challenger diharuskan membaca buku dengan kategori tertentu setiap 8 hari sekali dan harus sampai khatam. Kalau tidak, akan mendapat tanda peringatan. Tanda peringatan tidak boleh lebih dari 6 kali. Kalau lebih, akan dinyatakan tidak lulus/tinggal kelas.

Bedanya, kalau di kelas R, tanda bisa dihapus jika keesokannya sudah lapor dan memenuhi target bacaan, pada kelas MR tanda gak bisa dihapus. Itulah tantangannya. Tanda akan terus diakumulasi setiap kali tidak laporan atau gak nyampek target. Satu periode di kelas MR berlangsung selam 40 hari. Saat ini baru masuk di hari ke-33.

Reading Challenge ini terbukti menambah semangat membaca teman-teman. Termasuk saya sendiri pun mengakuinya. Saya menjadi lebih terpacu untuk mengahbiskan tumpukan buku yang berjejer di rak. Alhasil, di awal bulan Maret ini sudah lebih dari 40 buku yang sudah saya lahap, belum termasuk puluhan majalah.

Berikut kesan-kesan positif dari teman-teman yang sudah lulus dari kelas R

1. Rafif, FLP Jatim. Target 5 hal per hari terlalu mudah bagi saya, yang agak sulit adalah untuk merutinkan baca tiap hari. Meski akhirnya bisa lulus, saya masih belum puas dengan capaian akhir. Di kelas MR, saya akan berlari lebih cepat, menjadi juara!
2. Gusti FLP Malang. Senang sekali. Ternyata dengan cara sederhana ini bisa sangat membantu lebih mengenal para anggota antarcabang di Jatim. Pas upgrading kemarin rasanya jadi lebih mudah akrab dengan beberapa karena sudah komunikasi sebelumnya di WA. Teknologi memang ajaib. WAW! 
Pak Rafif top! 
Ngomong-ngomong hampir tiap hari diiming-iming koleksi buku dari Toko Buku Cahaya Pustaka dan Toko Buku Hamdalah rasanya ngilu-ngilu sedap. Sedap pas awal bulan. Ngilu pas akhir bulan. Tapi jadi tambah perbendaharaan buku juga. Ooo ada buku bagus kayak gini yang bisa didapatkan dengan harga terjangkau ya. Begitulah.
3.  Ridho. Saya berterimakasih dengan adanya grup ini jadi bisa mengejar bacaan. Karena saya sekarang cukup sulit bagi waktu, untuk baca, jualan, nulis dan istirahat pemulihan. Terima inisiatif sponsor Toko Pustaka Cahaya, selamat buat Mbak Nur jadi pemenang! πŸ™πŸ™‚πŸ™‚
4.Nur Zaidah, FLP Kediri. Alhamdulillahirobbil'alamiin ...
Trimakasih pak rafif telah membuat program yg sangat bermanfaat ini, khususnya bagi saya pribadi,  yang nota bene seorang pemula dalam dunia literasi.
Karena melalui program ini saya  bisa memaksa diri saya untuk belajar mau membaca dan membaca. Menambah perbendaharaan kata,  mengetahui karakter bahasa tulisan dari seorang penulis. Menjalin silaturrohmi dengan teman-teman angggota flp  cabang  lain.
Yang paling tidak bisa saya paksa adalah menarget jumlah halaman minnimal 100 dalam sehari, karena terkadang ada  kesibukan yang tidak bisa di tinggalkan.
Saya berharap di kelas baru  ini, bisa meningkatkan kwalitas baca saya.  Aamiin ...
5. Wisnu, flp blitar. Dengan adanya program ini menjadi rajin membaca setiap harinya terimakasih buat pak rafif
6. Alfa Anisa, FLP Blitar. Membiasakan adalah pekerjaan yang paling sulit, dibandingkan menargetkan jumlah halaman perhari. Apalagi saya takut jika punya tanda atau simbol di belakang nama saya, jika saya kelupaan tak membaca karena kesibukan. Untuk itu, terimakasih simbol ❗‼❎ yang telah memaksa saya buat membaca. Hihi πŸ˜…
7. Ani Marlia Flp Bangkalan. Ikut program ini jadi punya waktu-waktu khusus buat baca, meski kadag sering kelupaan buat laporan. 😁 Tiada hari tanpa baca.
8. Fauziah, FLP Jatim. Alhamdulillah lewat grup ini saya berhasil memenuhi target membaca lebih banyak buku dibanding bulan-bulan sebelumnya yang lebih banyak nonton film daripada bacaπŸ˜‚πŸ˜‚
Thanks FLP Jatim udah bikin grup kece ini..😍
9. Fitriara, Flp Blitar
alhamdulillaahilladzii bini'matihi tatimushshalihat :'D Resolusi membaca gak hanya jadi wacana di bulan Februari. Yeay. *karena gagal di bulan januari. oke. skip.
Terima kasih pak Rafif yg sudah berinisiatif mbuat event ini, saya jadi banyak rajin ngitung jumlah halaman sambil dzikir. lah gadeng. saya jadi sedikit lebih banyak 'isi' dari pada sebelumnya. Saya jadi gak rela kalo sehari gak baca. Sampai kehabisan kuota pun saya kelimpungan gimana biar bisa lapor hihiw. Meski kemarin bolong sehari karena sesuatu, ke depannya akan ku alarm biar gak kelupaan lapor. 
Satu yg bermasalah dari saya; jadi ngebut baca tapi kurang memahami konteks trus ngebut di awal, loyo di tengah perjalanan kan sakit juga ya. huhu. Jadi mikir, kalo bareng bareng aja selemah ini, apa jadinya kalo sendirian. :") 
Semoga Pak Rafif dan relawan yg jadi admin dimudahkan urusan urusannya dan selalu dalam lindungan Allaah yaa. perjuangan belum berakhir, semangat kitaaaaa!
10. Hiday-Flp Jatim. Terima kasih FLP😘
Program ini keren banget, terbukti maksa saya ngabisin isi rak buku. I love it
11. El Dina. Alhamdulillah. Program ini benar-benar njiwiti saya setiap hari untuk membaca secara rutin. Saya juga jadi mengenal teman-teman di FLP walau sementara baru via grup ini. Hehe, terima kasih! ✨
12. Wiwik, flp jatim, sudah lama saya tidak rutin baca, sesekali bisa banyak, kadang berhari-hari tidak baca sama sekali, dengan adanya program ini memaksa saya untuk baca kembali, meski tertatih untuk merutinkan diri,,tapi alhamdulillah bisa.
 ...Terima kasih Pak Rafif dan teman teman semuanya, melihat halaman halaman yang kalian baca, membuat saya lebih semangat untuk lebih banyak meluangkan waktu untuk membaca
13. Iltizam D. Ahmad
Tak percaya rasanya sebulan telah menghatamkan beberapa buku. Reading Challenge bukan hanya perkara siapa yang paling banyak membaca dalam sebulan, tapi untuk 'memaksa' kita untuk membiasakan membaca
14. Rosy_flp blitar
Dengan adanya program ini semakin termotivasi utk terus membaca. Tq Pak Rafif 😊
15. Shofia, FLP Bangkalan. FLP Reading Challenge membuat tumpukan buku saya terkikis satu demi satu. Buku lama setebal bantal akhirnya bisa dihabiskan juga. Dan buku bergenre berat pun bisa ditaklukkan. Meski melakukannya terkadang harus mencuri waktu luang.  Ketika satu buku habis, RC menuntut saya harus mencari buku baru. Mulailah saya bergerilya. Saat bersilaturrahim ke rumah sahabat maupun kerabat, pertanyaan ini pastilah terlontar; punya buku bagus? Perburuan buku jadi tambah seru.
16. Rizal, flp sidoarjo. Alhamdulillah, perjuangan yg sangat berat namun penuh makna. Akhirnya bisa buku koleksi dan bisa disiplin 😁😁😁
17. Devila FLP Malang. RC FLP Jatim membuat saya keranjingan membaca. Awalnya membaca kalau ada waktu saja, tapi setelah ada RC FLP Jatim membuat saya mampu menyelesaikan tumpukan buku yang masih nganggur. Memperbanyak wawasan sebagai bekal menulis.

Semuanya mengaku tambah keranjingan membaca. Selama di kelas MR pun kami berlomba-lomba, sebanyak mungkin membaca. Di hari ke-33 ini saya sudah membaca 5000 lebih halaman. Ridho malah lebih banyak lagi: 6000 halaman! Di kelas R kemarin bahkan ada yang membaca 7000 halaman dalam 31 hari!

PENGUMUMAN KELULUSAN
RC FLP Kelas R [Periode Maret 2017]
THE WINNER
1. Noevil Agustian, FLP Surabaya, 7380 pages
THE RUNNER UP
2. Umi Kulsum, FLP Jombang, 6517 pages
3. Titik Hidayati, FLP Pamekasan, 5416 pages
4. M Hasyim Azhari, FLP Lumajang, 4781 pages
5. Efan El Aufi, FLP Pasuruan, 4157 pages
6. Ifa, FLP Jember, 2687 pages
7. Izzul, FLP UIN Malang, 2440 pages
8. Fitri Areta, FLP Lamongan, 1569 pages
9. Maftuhatin Nikmah, FLP Pamekasan, 1510 pages
10. Eva, FLP Tuban, 1360 pages
11. Diyah, FLP Pasuruan, 1265 pages
12. Ratnawa, FLP Surabaya, 1245 pages
13. Angga, FLP Jatim, 601 pages
Bagaimana, menarik bukan? berikutnya kami sudah menyiapkan Writing Challenge yang insya Allah akan dilaunching tahun ini.
loading...

Silakan masukkan alamat email untuk menerima postingan dari blog ini secara rutin.

1 Response to "Reading Challenge FLP Jatim, Membuat Keranjingan Membaca Setiap Hari"

Anonim mengatakan...

Keren idenya