Meraih Sukses Ramadhan

Hasil gambar untuk sukses ramadhan


Pada setiap perkara, ujung sangatlah menentukan. Dua kesebelasan sepak bola dengan skor imbang akan memperebutkan mati-matian satu gol di waktu-waktu injury, seorang pendaki profesional berusaha keras untuk sampai di puncak tertinggi meski tubuhnya telah remuk dan menggigil. Bahkan kehidupan kita sekarang adalah proses untuk sampai pada ujung yang menentukan itu. Insya Allah, kita semua bercita-cita khusnul khatimah. Hanya saja, tidak seperti bermain sepak bola atau mendaki gunung, kita tidak dapat memprediksi kapan kita akan sampai pada akhir kehidupan.

Begitu pula dengan Ramadhan. Di bulan ini segala pahala kebaikan akan dilipatgandakan, hingga tak terbilang. Apalagi di penghujungnya, menyimpan lailatul qadar, malam yang lebih baik dari seribu bulan. Namun seringkali, justru disia-siakan. Di sinilah konsistensi, keistiqamahan kita diuji. Padahal, 10 hari terakhir adalah ujung yang sangat menentukan; apakah kita akan lulus dan meraih gelar muttaqin atau harus mengulang lagi tahun depan?

Tahun depan? Inilah yang sering membuat kita melalaikan Ramadhan. Siapakah yang dapat menjamin kita akan bertemu dengan Ramadhan tahun depan? Beberapa di antara teman atau keluarga kita, yang pernah kita temui di Ramadhan lalu mungkin sudah pergi meninggalkan kita. Tak ada lagi kesempatan kedua. Maka jadikanlah, Ramadhan kali ini seolah-olah sebagai Ramadhan terakhir kita.
Terus pelihara semangat, dari awal hingga akhir Ramadhan. Jangan lengah dan terpedaya oleh nafsu dunia. Agendakan 10 malam terakhir untuk i’tikaf, perbanyak tilawah, perbanyak sedekah, perbanyak beramal saleh. Ingat, segala perkara ditentukan di ujungnya. Ramadhan hanya 29 atau 30 hari, pergunakan dengan maksimal hingga tiba malam kemenangan, malam saat kita telah tiba pada puncak pendakian.

Parameter Sukses
Sebenarnya sederhana, melihat sejauh mana Ramadhan membekas dalam diri kita. Adalah ketika, kita keluar dari Ramadhan menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya, dalam banyak hal; shalat kita, tilawah kita, akhlak kita, cara kita mengelola waktu, dan lain sebagainya.

Sukses Ramadhan berarti sukses dalam setidaknya dua hal, demikian kata Ustadz Mohamamad Sholeh Drehem, Lc. Pertama, shiyam atau puasa. Kedua, qiyam atau shalat tarawih. Tapi tentu, kita ingin yang lebih dari itu, bukan? Nah, kita akan membahasnya satu-persatu.

1.      Sukses Puasa
Yang dimaksud dengan sukses puasa, bukan hanya sanggup menahan lapar dahaga dan tidak berhubungan suami istri selama sebulan penuh di siang hari. Puasa yang sukses bukan hanya berpuasa untuk sekadar menggugurkan kewajiban saja. Tetapi meraih banyak keutamaan dan pahala (tentang ini silakan nanti dibaca di rubrik “tips”), juga menahan diri dari hal-hal yang mengikis habis pahala puasa, seperti mengucapkan rafats (kata-kata yang kotor), melihat dan mendengarkan sesuatu yang diharamkan. Mudah-mudahan kita termasuk orang yang menjalankan ibadah puasa sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW.

2.      Sukses Tarawih
“Jika kita menginginkan dosa-dosa kita yang lalu diampuni,” masih kata Ustadz Mohammad Sholeh Drehem, “Maka selain puasa kita harus sempurna, shalat malam kita di bulan Ramadhan juga harus penuh dan dikerjakan dengan tuma’ninah.” Mungkin ini yang sering kita abaikan. Terutama di malam-malam terakhir dari bulan Ramadhan; tarawih ditinggalkan demi memburu persiapan lebaran, terkadang juga mudik yang menyita waktu hingga berhari-hari. Shalat tarawih tetap harus menjadi prioritas dari yang lainnya. Kalaupun harus mudik, tetap bertekad untuk tidak bolong shalat malam.

3.      Sukses  Tilawah Alquran
Sangat dianjurkan untuk khatam membaca Alquran minimal satu kali. Jika lebih dari itu, tentu lebih baik lagi. Bacaan Alquran juga harus diresapi, dengan tartil, tidak terburu-buru hanya untuk mengejar target. Inilah kesempatan bagi kita untuk semakin dekat dan cinta dengan Alquran. Seusai Ramadhan nanti, intensitas kita dalam berinteraksi dengan Alquran semakin meningkat. Itu yang diharapkan.

4.      Sukses Sedekah
Di bulan Ramadhan, sedekah bisa berupa banyak hal. Berbagi takjil, memberikan bingkisan atau baju lebaran, atau bisa berupa uang dan manfaat kepada orang yang mmebutuhkan. Yang jelas, Rasulullah selalu memperbanyak sedekah ketika sudah memasuki bulan Ramadhan.

5.      Sukses Lailatul Qadar
Malam yang lebih baik dari seribu bulan. Ketika memasuki 10 hari terakhir dari Ramadhan, orang-orang berlomba memburunya. Dengan i’tikaf dan semakin mengencangkan ikat pinggang; memperbanyak ibadah, memperbanyak amal saleh. Hanya orang-orang terpilih yang akan mendapat anugerah lailatul qadar ini. Ia adalah orang yang bersungguh-sungguh dalam menjalankan ibadah Ramadhan, yang istiqamah. Oleh karenanya, banyak dari kita yang tidak lulus karena justru di hari-hari terakhir semakin banyak menyibukkan diri dengan dunia.

6.      Sukses Zakat Fitrah
Di bulan Ramadhan, kita juga diwajibkan untuk membayar zakat fitrah. Batasnya adalah sebelum shalat ied. Seluruh rangkaian ibadah di bulan Ramadhan akan sia-sia jika kita melalaikan kewajiban membayar zakat fitrah ini. Oleh karenanya, tunaikan dengan mengharap ridha Allah semata.

Manajemen Waktu

Mungkin ada yang bertanya, betapa banyak ibadah yang harus kita kerjakan untuk meraih sukses di bulan Ramadhan, lalu bagaimana dengan pekerjaan dan tugas harian kita sebagai professional, karyawan, pengusaha, hingga ibu rumah tangga?

Hal itu bukanlah halangan. Kita hanya perlu memanajemen waktu dengan lebih baik. Tilawah 1 juz tiap hari akan terasa berat bagi yang tidak terbiasa, apalagi dengan cara membacanya dalam satu waktu. Solusinya, baca 2 lembar setiap sebelum dan sesudah shalat lima waktu. Insya Allah akan lebih ringan. Kuncinya hanya satu, konsisten, istiqamah.

Lalu mulai sore menjelang berbuka hingga malam bakda tarawih, sebaiknya tidak mengotak-atik pekerjaan dulu untuk sementara. Pekerjaan bisa dialihkan di jam-jam ketika sahur. Bagi yang punya bisnis online, biasanya di jam-jam itu malah lebih banyak yang OL. Pagi hari bakda subuh tidak tidur lagi, bisa digunakan untuk tilawah beberapa jenak untuk kemudian beraktivitas lagi, menyelsaikan pekerjaan yang tertunda.

Siang hari diusahakan bisa tidur siang meski sebentar, agar tubuh tetap fresh di malam hari. Kurangi melakukan aktivitas yang sia-sia seperti misalnya obrolan chat yang kurang bermanfaat, main kartu, dan lain-lain. Benar-benar maksimalkan waktu yang ada untuk beribadah.

Waspadailah terhadap segala hal yang mencuri waktu-waktu produktif kita dalam meraup pahala. Jika tak bernilai ibadah, tinggalkan saja. Atau jikapun dalam waktu bersamaan ada dua pilihan aktivitas yang sama-sama berpahala, kita dahulukan yang bisa mendatangkan lebih banyak pahala. Anggaplah Ramadhan kali ini sebagai kesempatan terakhir kita mengumpulkan bekal untuk kehidupan akhirat. Kumpulkan bekal itu sebanyak-banyaknya, karena kita yakin bahwa dosa-dosa kita telah menjulang tinggi sementara amal kebaikan kita masih sangat sedikit sekali.


Kita berlomba. Karena Ramadhan adalah karunia, untuk semakin mendekatkan kita ke surga. 
loading...

Silakan masukkan alamat email untuk menerima postingan dari blog ini secara rutin.

1 Response to "Meraih Sukses Ramadhan"

wisely tan mengatakan...


Sering di kecewakan oleh website lain? Coba di DangdutQQ disini kami berkomitmen untuk menjaga kenyamanan dan kepuasan bagi setiap member kami...

Dengan di Support Oleh CS yang Ramah, Sopan, Berperngalaman, dan Responsif, Siap Membantu Semua Member Maupun Calon Member DangdutQQ 24 Jam Setiap Hari.

Kepuasan Pemain adalah Motto Utama dari DangdutQQ

Kenapa Harus Memilih DangdutQQ ?? DangdutQQ Merupakan Situs Poker Judi Online Terpercaya Yang Berani Membayar Berapapun Kemenangn Anda.

Server Murni Tanpa Robot 100% Dengan Sistem Player VS Player

Keunggulan dari Dangdutqq :
- Minimal Depo 10Rb
- Minimal Withdraw 25Rb
- Cashback mingguan 0,3% ~ 0,5%
- Bonus Referral 20% Seumur Hidup
- Proses Depo-Wd Super Cepat

DangdutQQ Menyediakan 7 Game Dalam 1 ID :
- Poker Online
- Bandar Poker
- Domino 99
- Adu Q
- Bandar Q
- CapSa Susun
- Sakong ( new game )

Didukung oleh 5 Bank Lokal Terbesar Di Indonesia :
- BCA
- BRI
- BNI
- MANDIRI
- DANAMON
- CIMB NIAGA

Segera Daftarkan ID Anda Sekarang Juga Dan Jangan Sampai Ketinggalan
Info Lebih Lanjut Silahkan Hubungi CS 24/7 Kami Melalui :
- Livechat
- BBM : D8CAE752
- Wechat : dangdutqq
- Line : dangdutqq
- Whatsapp : +85569967665
- Instagram : Dangdutratu
- Twitter : dangdutqq
- Facebook : @dangdutqqonline

Untuk pendaftaran bisa melalui link berikut :

http://dangdutqq.com/?ref=barta25

Mainkan Kartumu Dan Menangkan Sekarang Juga Hanya Di Dangdutqq!
Kepuasan Pemain adalah Motto Utama dari Dangdutqq


.:: Dangdutqq By Players For Players ::.