7 Alasan Memilih Monitor LED

Sebagian besar orang lebih familiar dengan monitor LCD daripada monitor LED. Bahkan jujur, saya sendiri pun baru belakangan ini mengenal monitor LED. Sebelumnya hanya tahu lampu LED, hehe.
Memang, apa sih bedanya? Sepintas dilihat dari bentuknya, seperti gak ada bedanya. Tapi ternyata, monitor LED memiliki keunggulan yang luar biasa jika dibandingkan dengan monitor LCD.
Monitor LED (sumber: samsung.com)
Karena itulah kemudian, banyak pengguna yang beralih ke monitor LED. Bahkan beberapa perangkat elektronik seperti laptop mulai banyak yang menggunakan LED. Seperti pula laptop yang saya pakai untuk mengetik ini misalnya, sudah menggunakan teknologi LED, ukurannya slim namun kualitas warna dan gambar sangat jernih.
Anda mungkin berpikir, pasti harganya mahal? Nggak juga. Harga monitor LED masih sangat terjangkau. Apalagi jika mengingat keunggulan-keunggulannya. Mau tahu?
Monitor LED (Light Emitting Diode), setidaknya memiliki 7 keunggulan sebagai berikut:
  1. Ukuran Slim, Lebih Slim dari Monitor LCD
Era monitor tabung sudah berakhir dan tergantikan dengan monitor LCD yang tipis dan jauh lebih ringan. Namun ternyata, ada yang lebih tipis lagi, yaitu monitor LED. Anda bisa membandingkannya dengan cara menempatkan dua monitor tersebut di atas meja yang sama. Dengan lebar layar yang sama, monitor LED jauh lebih tipis. Kurang lebih sepertiga kalinya.

  1. Hemat Energi
Monitor LED disebut-sebut sanggup menghemat konsumsi energi listrik sebesar 50-70% jika dibandingkan dengan monitor LCD. Wow, lumayan kan, di tengah harga TDL listrik yang naik seperti sekarang ini.

  1. Gambar Sangat Tajam
Inilah keunggulan lain dari monitor LED. Teknologi diode backlight yang digunakan menghasilkan kualitas gambar yang tajam, terang, dan pencahayaan yang cenderung stabil. Sehingga juga sangat nyaman bagi mata. Tak jarang, monitor LED banyak disukai para pekerja seni dan desain grafis. Resolusi layar monitor LED juga lebih tinggi, bisa mencapai jutaan piksel.

  1. Ramah Lingkungan
Tahukah Anda bahwa dalam monitor LCD terdapat bahan merkuri, halogen, timbal dan zat lainnya yang berbahaya bagi lingkungan? Nah, dalam monitor LED bahan-bahan sudah tidak lagi ditemukan. Oleh karenanya, monitor LED dianggap lebih ramah lingkungan dan sudah mendapat pengakuan dari Energystar.

  1. Lebih Awet
Monitor LED memiliki usia pemakaian yang jauh lebih panjang jika dibandingkan LCD. Bisa sampai 75 ribu jam. Itu berarti jika Anda menggunakan monitor 10 jam setiap hari, setelah 7500 hari baru tidak bisa digunakan. Berapakah 7500 hari itu? Sekitar 21 tahun!

  1. Lebih Ringan
Berat monitor LED, lebih ringan, sekitar separuh jika dibandingkan dengan monitor LCD berukuran sama, sehingga lebih simpel dan mudah dibawa.

  1. Canggih dan Trendy
Dengan banyaknya kelebihan yang dimiliki, monitor LED semakin banyak diburu orang. Apalagi pada keluaran mutakhir, fitur-fitur yang disajikan pun semakin banyak dan lengkap.

Bagaimana, tertarik? Ohya, soal harga, ternyata harga monitor LED tidak terlampau jauh berbeda dengan harga monitor LCD. Memang lebih mahal, sedikit, tapi jika melihat keunggulan-keunggulannya dan dibandingkan apple to apple, maka harus diakui masih mending membeli monitor LED.

Saya juga tertarik membeli monitor LED. Saya lihat stok dan pilihannya cukup banyak di MatahariMall.com. Harga yang ditawarkan pun sangat menggiurkan.
Monitor LED di situs MatahariMall.com

Demikian sekelumit ulasan saya tentang monitor LED. Anda boleh pikir-pikir lagi, tapi percayalah, dipikir sejuta kalipun, monitor LED tetap tak ada duanya. Hehe.
loading...

Silakan masukkan alamat email untuk menerima postingan dari blog ini secara rutin.

0 Response to "7 Alasan Memilih Monitor LED"