Cara Mudah Mengaktifkan Kembali SIM Card HP yang Hangus

Pernah mengalami kartu SIM/SIM Card HP hangus karena sudah melewati masa tenggang? Saya dua kali. Rasanya tentu sangat menyesal. Kenapa kok sampai terlambat ngisi pulsa. Nomer pertama yang hangus adalah nomer Indosat M3 yang sudah saya pakai sejak pertama kali punya HP, saat masih SMA. Nomer kedua adalah nomer Indosat Mentari yang saya pakai juga buat jualan. Masa tenggang berakhir tanggal 31 Juli 2017, sementara saya mengira masih sampai Agustus.

Hasil gambar untuk kartu mentari indosat
sumber gambar: ikeni.net
Saya baru sadar setelah saya buka SMS. Beberapa pesan dari Indosat yang masuk, mengingatkan bahwa nomer saya akan hangus tanggal 31 Juli 2017. Belum saya baca, karena jujur sudah jarang sekali berkomunikasi lewat SMS. Komunikasi sekarang semuanya via WhatsApp (WA). Paket data untuk internet dan WA sendiri pakai nomer lain. Beberapa SMS yang masuk rata-rata berisi penipuan atau promo-promo dari operator yang seringkali saya abaikan.

Begitu saya tahu kalau nomer saya sudah hangus, yang pertama kali saya lakukan adalah tetap berusaha tenang. Apapun itu, dunia belum kiamat. Meski tentu saja ini akan ada dampak yang lumayan. Nomer itu saya pakai buat registrasi email dan beberapa aplikasi, nomer itu juga sudah memuat ratusan kontak teman maupun pelanggan. Tentu saya kerepotan jika benar nomer saya hangus dan tak bisa dikembalikan.

Lalu saya coba browsing. Kira-kira apa solusinya jika kartu SIM HP hangus. Beberapa menyarankan pergi ke galeri Indosat terdekat. Tapi rupanya lebih banyak yang mengatakan tidak banyak membantu. Mereka harus pulang dengan raut kecewa karena menerima kenyataan bahwa nomer kesayangan mereka, yang sudah dipakai bertahun-tahun, tak bisa dikembalikan alias HANGUS selama-lamanya.

Tetapi rupanya, ada yang menawarkan solusi lain. Inilah cara kedua yang saya lakukan. Pagi itu juga, 2 Agustus 2017, tepat 2 hari setelah kartu SIM saya hangus, saya pergi ke konter. Beli pulsa 5000 rupiah. Saya hanya bisa berdoa, mudah-mudahan cara ini berhasil. Karena banyak yang mengatakan kalau kartu HP hangus kurang dari tiga hari, masih bisa diaktifkan kembali hanya dengan isi pulsa. maka, harap-harap cemas saya menunggu.

Lima menit menungggu, tidak ada SMS yang masuk. Saya coba cek pulsa dengan *123# alhamdulillah pulsa sudah masuk. Sudah bisa cek berarti sudah aktif? Saya coba yakinkan dengan menelpon menggunakan telpon rumah. Ternyata gagal. Balik saya yang menelpon, juga gagal. Coba pakai nomer lain, juga gagal. Oalaah, ternyata telpon rumah yang bermasalah. Saya coba nelpon ke nomer istri. Dan... yes! HP-nya berbunyi. Tapi tunggu dulu, benarkah itu pangilan dari nomer saya?

Ya! berhasil. Kartu SIM saya kembali aktif, kembali pulih. Alhamdulillah.

Pelajarannya adalah, ketika kartu SIM sudah memasuki masa tenggang, maka segera isi pulsa. Meski kemudian pulsa itupun tidak terpakai. Kecanggihan teknologi, apalagi dengan media sosial yang semakin marak penggunanya, membuat pulsa kalah saing dengan paket data. Kalau pun ada pulsa pun biasanya dikonversi ke paket data. Pulsa hanya buat nelpon saja, itupun sekarang sudah bisa dengan WA. Sungguh, kasihan pulsa.

Selamat mencoba ya!
loading...

Silakan masukkan alamat email untuk menerima postingan dari blog ini secara rutin.

0 Response to "Cara Mudah Mengaktifkan Kembali SIM Card HP yang Hangus"