Belanja Berkah di Toko Basmalah

Setiap saya pulang kampung ke Madura, sepanjang jalan saya melihat minimarket yang sepertinya menyaingi Indomaret dan Alfamart. Entah berapa tepatnya, saya tidak menghitung. Namun saya lihat pengunjungnya cukup ramai. Nama minimarket tersebut adalah Basmalah atau Toko Basmalah. Saya pikir keren juga toko ini. Bolehlah nyoba mampir untuk belanja.

Di perjalanan kali ini, saya singgah di Toko Basmalah yang berlokasi dekat Pasar Tanah, Bangkalan. Cukup besar juga, tak kalah dengan minimarket lainnya. Begitu masuk ke dalam toko, bukan alunan musik yang terdengar melainkan suara murrotal Alquran. Saya lihat di bagian kasir, dua karyawan laki-laki mengenakan kopiah sedang bertugas. Mereka menggunakan seragam putih hijau dengan logo huruf "ya" (huruf terakhir dari huruf hijaiyah) yang merupakan logo dari Toko Basmalah.

Saya pergi ke lemari pendingin berisi beraneka jenis minuman. Tidak saya lihat di sana ada bir atau minuman beralkohol. Bahkan di deretan rak minuman, saya hanya melihat air mineral merk Santri dan Aqua. Tetapi air merk Santri lebih mendominasi. Ohya, ada juga dijual di sana air zamzam, satu botol besar seharga Rp 95.000,-

Hal lain yang tak kalah menarik di Toko Basmalah adalah mushaf Alquran yang berjejer rapi, buku-buku iqro' dan juz amma, serta tasbih digital. Di bagian tersendiri, tepatnya di etalase kaca, dijual juga sarung, kopiah, parfum, dan mukena. Jelas, ini berbeda sekali dengan minimarket pada umumnya.

Selidik punya selidik, ternyata Toko Basmalah ini bukan usaha perseorangan. Toko Basmalah adalah infrastruktur brand yang dibangun oleh Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren) Sidogori, Pasuruan, Jatim. Berdiri sejak 2013 dan memiliki motto "Tempat Belanja yang Baik", terkesan sederhana namun penuh makna. Dalam Islam dikenal Halalan Thayyiban. Halal dan baik. Barang yang dijual di Toko Basmalah insya Allah halal dan baik.

Usaha Kopontren Sidogiri yang terus berkembang ini hingga membukukan pendapatan ratusan milyar tiap tahun, dibuktikan dengan terus menjamurnya Toko Basmalah di berbagai kota. Tidak hanya Madura, Pasuruan, Probolinggo, Banyuwangi, Jember, Bondowoso, Situbondo bahkan di Surabaya pun toko ini sudah berdiri.

Beberapa produk ada yang asli buatan Sidogiri, seperti misalnya kecap dan saos, bahkan hingga beras dan minyak goreng. Keren kan?

Pengalaman belanja di Toko Basmalah sangat menyenangkan, pelayanannya baik dan ramah. Suara murrotal yang mengalun indah membuat betah, dinginnya AC tak kalah dengan minimarket sebelah. Dan yang terpenting, mudah-mudahan berkah. Karena bisa jadi keuntungan yang mereka peroleh dari kita belanja di sana dipergunakah untuk kemaslahatan umat, seperti pembangunan pesantren misalnya, atau setidaknya kita telah menambah pundi-pundi saudara sesama muslim yang sebagian peruntukkannya insya Allah untuk kaum muslimin juga.

Hal seperti ini perlu kita dukung, agar pengusaha-pengusaha muslim semakin bertambah banyak dan orang-orang kaya muslim yang dermawan tumbuh subur bak cendawan di musim penghujan. Jika sudah demikian, Insya Allah kebutuhan kaum muslimin khususnya di negeri ini akan tercukupi dan Umat Islam tak akan dipandang sebelah mata lagi, jauh dari kesan miskin dan terbelakang. (@rafif_amir)


*ohya, ketika saya pergi ke rak roti, saya tidak menemukan Sari Roti di sana. Mungkin masih boikot ya :-)


loading...

Silakan masukkan alamat email untuk menerima postingan dari blog ini secara rutin.

0 Response to "Belanja Berkah di Toko Basmalah"